Home » » Beberapa Cara Membuat Circle dengan Autocad

Beberapa Cara Membuat Circle dengan Autocad

 Bagaimana membuat sebuah lingkaran dengan autocad,atau saya ingin belajar cara - cara  membuat lingkaran menggunakan autocad,how to creat a circle use autocad dan lain sebagainya adalah pertanyaan - pertanyaan yang sering saya temui atau saya dengar termasuk saya sendiri dulu juga seperti itu ketika baru mulai belajar sendiri autocad,susah payah saya mencoba mencari tahu tentang bagaimana membuat lingkaran menggunakan autocad, mulai dari cari buku-buku tentang tutorial autocad sampai bertanya kepada guru privat autocad di daerah tangerang dekat saya tinggal.

Tapi tenang kawan perlahan tapi pasti dengan kesabaran dan ketekunan pertanyaan tentang bagaimana membuat sebuah lingkaran menggunakan software autocad step by step cara membuat sebuah lingkaran menggunakan autocad dapat terselesaikan,dengan beberapa cara yang akan coba kita bahas disini.


Lingkaran/ Circle adalah sebuah garis yang membentuk suatu bidang dengan cara berpusat pada suatu titik yang di sebut titik center,dan garis ini berputar membentuk suduit 360°.



Untuk mengaktifkan perintah Circle dalam Autocad adalah :

  • Klik ikon Circle pada menu drawin toolbar.
  • Ketik Circle ( C ) pada menu command line.


Dalam pelajaran autocad kali ini autocad tutorial akan membahas cara membuat lingkaran, lingkaran dalam autocad tutorial kali ini akan kita bahas semua teknik yang bisa dilakukan. Ada enam cara yang bisa kita lakukan dalam membuat lingkaran yaitu:
  1. Membuat lingkaran menggunakan Radius
  2. Membuat lingkaran menggunakan Diameter
  3. Membuat lingkaran menggunakan 3 titik
  4. Membuat lingkaran menggunakan 2 titik
  5. Membuat lingkaran menggunakan titik singgung dan radius
  6. Membuat lingkaran menggunakan titik singgung
Keenam teknik ini bisa anda pelajari semuanya di autocad tutorial. Autocad tutorial akan membahasnya satu persatu di sertai dengan gambarnya, biar anda mudah memahami dan menerapkannnya. Syaratnya adalah anda harus sudah mengikuti pelajaran autocad dari awal. Bilapun anda langsung belajar di bagian ini juga tidak masalah.

Macam – macam cara dan jenis membuat Circle.


o   Membuat Lingkaran dengan metode 3 point ( 3p )
Caranya : Klik ikon Circle pada menu drawin toolbar / Ketik Circle ( C ) pada menu command line → Enter → ketik 3P → klik sebangai titik pertama → Klik titik second point → klik di titik ke tiga ( Endpoint ).



o   Membuat Lingkaran dengan 2 Point ( 2P )

Caranya : Klik ikon Circle pada menu drawin toolbar / Ketik Circle ( C ) pada menu command line → Enter → ketik 2P → klik sebangai titik pertama → klik di titik ke tiga ( Endpoint ).


o   Membuat Lingkaran dengan Metode tan tan radius ( TTR )

Karna cara ini perlu penjelasan lebih detail maka klik disini


o   Membuat Lingkaran dengan menentukan Center dan Radius

Caranya : Klik ikon Circle pada menu drawin toolbar / Ketik Circle ( C ) pada menu command line → Enter  → klik sebangai titik pertama → ketik R → masukan nilai radius → Enter.

 

o   Membuat Lingkaran dengan menentukan Center dan Diameter

Caranya : Klik ikon Circle pada menu drawin toolbar / Ketik Circle ( C ) pada menu command line → Enter  → klik sebangai titik pertama → ketik D → masukan nilai Diameter → Enter.


Nah ini cara membuat circle atau sebuah lingkaran.. segera untuk membaca dan mempraktekanya karena kita akan segera membahas tentang Ellipse..


 Tags : Belajar Autocad dasar, Belajar cepat membuat Lingkaran dengan autocad,cara singkat membuat Circle,tutorial autocad tentang Lingkaran.how to create a Circle use autocad,tempat kursus autocad daerah tangerang,privat autocad dasar.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:09 PM

1 comments:

  1. cicle kecil...circle kecil circle besar...
    ada lagunya ya..tp kalo ini ada tutorialnya..hehehe

    ReplyDelete

RECENT POST