Home » » Gambar Tehnik

Gambar Tehnik

         Gambar merupakan salah satu alat untuk menyampaikan maksud dari seseorang ( drafter ) kepada masyarakat umum,contohnya gambar iklan,marka jalan,peta dsb,begitu juga dengan gambar tehnik bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi dari seorang perancang ( desainer/drafter ) sehingga dapat dengan mudah di jabarkan,dipahami dan di laksanakan oleh orang lain yg berkepentingan dengan gambar tersebur secara tepat,benar dan objektif..


FUNGSI GAMBAR
1.Penyampaian Informasi.
Gambar mempunyai tugas meneruskan maksud dari perancang kepada orang yang bersangkutan secara tepat dan jelas.

2.Pengawetan,penyimpanan dan penggunaan keterangan.
Dengan adanya gambar tehnik,maka segala sesuatu yang berkaitan dengan obyek yang digambar akan dapat tersimpan dengan awet,aman dan sewaktu - waktu dapat dibuka dan dimodifikasi kembali sesuai pemikiran perancang.

3. Cara - cara pemikiran dalam penyiapan informasi.
Gambar tidak hanya melukiskan sebuah gambar semata,tetapi berfungsi juga sebagai peningkat daya pikir untuk perencana,oleh karena itu seorang sarjana tehnik tanpa mempunyai kemampuan menggambar akan kekurangan cara penyampaian dan menjelaskan kepada orang lain.

SIFAT - SIFAT GAMBAR.
a). Tujuan - tujuan gambar

          I.Internasionalisasi gambar.

Peraturan – peraturan gambar dimulai dengan adanya persetujuan bersama antara orang – orang yang bersangkutan, dan kemudian telah menjadi bentuk standar. Agar supaya tidak terjadi perbedaan penafsiran,penjabaran antar individu pengguna gambar tehnik tersebut,maka penunjukan – penunjukan ( symbol ) dan keterangan dalam gambar tehnik harus disamakan dan diselaraskan untuk kemudian menjadi sebuah standar bersama yang lebih mendunia,melwati lintas suku,ras dan agama bahkan bangsa sekalipun,itulah yang dinamakan Internasionalisasi gambar.

         II.Mempopulerkan gambar.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:42 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST