Bagaimana cara membuat chamfer dalam Autocad - AUTOCAD TANGERANG

Bagaimana cara membuat chamfer dalam Autocad

Wednesday, November 30, 2011

Bagaimana cara membuat chamfer dalam Autocad

ads
Assalamu’alaikum salam sejahtera

Siang ini tangerang cuaca mendung, banyak yang enggan untuk beraaktifitas tapi kehidupan maya tidak lantas berhenti hanya karna hujan,seperti saya mencoba menggerakan jari untuk menulis kembali tutorial singkat tentang bagaimana belajar menggambar menggunakan autocad. 

Setelah tutorial bagaimana menggunakan fillet dalam autocad yang pernah saya tulis terdahulu,saya akan mencoba mengulas dan membahas tutorial tentang bagaimana melakukan chamfer dalam autocad baik chamfer pada bidang kerja 2D maupun chamfer pada bidang kerja 3D.

Sebelum memulai menggunakan chamfer dalam autocad terlebih dahulu kita mengetahui apa yang disebut chamfer dalam autocad.

Chamfer adalah sebuah perintah dalam autocad yang berfungsi untuk merubah sudut pada pertemuan dua garis,dari sudut lancip pada menjadi sudut tumpul yang telah di tentukan jarak pemotonganya.

Pada dasarnya penggunaan tool chamfer dalam autocad hampir sama dengan pengunaan tool fillet dalam autocad.




Beberapa cara melakukan chamfer pada gambar 2D :

  • Polyline
Yaitu perintah chamfer dalam autocad secara bersamaan pada sudut sudut suatu objek Polyline. 

Klik ikon menu chamfer pada tool icon/ketik chamfer  pada kolom perintah →ketik D → Enter → Masukan nilai distance 1 → Masukan nilai distance 2 → enter → pilih Polyline/ketik P → enter  → pilih objek Polyline.


  • Distance
Yaitu perintah chamfer dalam autocad pada sudut sudut suatu objek yang mempunyai jarak tertentu.

Klik ikon menu chamfer pada tool icon/ketik chamfer  pada kolom perintah →ketik D → Enter → Masukan nilai distance 1 → Masukan nilai distance 2 → enter → pilh/klik garis pertama → pilh/klik garis kedua →  enter  → pilh/klik garis kedua → pilh/klik garis ketiga →  enter dst.
 
  • Angle
Yaitu perintah chamfer dalam autocad pada sudut sudut suatu objek yang mempunyai sudut kemiringan tertentu.

Klik ikon menu chamfer pada tool icon/ketik chamfer  pada kolom perintah →pilih Angle/ketik A → Enter → Masukan nilai panjang sudut kemiringan → Masukan nilai panjang jarak dari sudut → enter → pilh/klik garis pertama → pilh/klik garis kedua →  enter  → pilh/klik garis kedua → pilh/klik garis ketiga →  enter dst.


Metode ini juga bisa dimodifikasi dengan menggunakan metode polyline.

  • Trim / No Trim
Yaitu perintah chamfer dalam autocad pada sudut sudut suatu objek yang mempunyai jarak tertentu dengan cara menghilangkan atau tetap menyertakan sudut lancip dari objek awal benda tersebut.

Dalam metode ini sebenarnya sama persis dengan metode yang pernah kita bahas pada tutorial bagaimana membuat fillet yang terdahulu,jadi saya hanya perlu memperlihatkan gambar dari hasil menggunakan chamfer tersebut.


  • Multiple
Yaitu perintah chamfer dalam autocad pada sudut sudut suatu objek yang mempunyai jarak tertentu secara terus menerut dengan jarak yang sama.

Klik ikon menu chamfer pada tool icon/ketik chamfer  pada kolom perintah →ketik D → Enter → Masukan nilai distance 1 → Masukan nilai distance 2 → enter → pilih multiple/ketik M → enter → pilh/klik garis pertama → pilh/klik garis kedua →  enter  → pilh/klik garis kedua → pilh/klik garis ketiga →  enter dst.

 

Sekilas memang hampir sama dengan bagaimana menggunakan perintah fillet dalam autocad, pada perintah chamfer pun kita bisa menggunakanya bukan hanya untuk bidang gambar 2D saja tetapi juga kita bisa menggunakan perintah chamfer ini pada bidang gambar 3D.
Begitulah tulisan tutorial autocad tentang bagaimana menggunakan perintah chamfer dalam autocad ini saya buat,banyak kesalahan dan kekurangan adalah hal yang pasti,kritik dan saran dari rekan – rekan blogger maupun rekan – rekan yang sudah mahir dalam menggunakan autocad sangat saya harapkan untuk ilmu saya dan yang lainya..

Terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Judul lain dari tulisan ini : cara cepat melakukan chamfer dalam autocad,kupas tuntas chamfer dalam autocad,step by step create a chamfer using autocad,bagaimana cara menggunakan tool chamfer dalam autocad.
bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.