Bagaimana Cara Membuat Fillet dalam Autocad - AUTOCAD TANGERANG

Bagaimana Cara Membuat Fillet dalam Autocad

Wednesday, November 23, 2011

Bagaimana Cara Membuat Fillet dalam Autocad

ads
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sudah beberapa hari ini saya sibuk dengan pekerjaan menggambar desain produk baru yang akan naik mesin prosuksi di pabrik saya yang terletak di daerah tangerang,sampek hampir lupa kalau saya belum bikin postingan tentang tutorial autocad,di blog autocad 2D-3D Tangerang kesayangan ini.

Setelah episode yang lalu ( ciee episode ) kita mengulas tutorial autocad tentangbagaimana cara membuat break tool dalam autocad maka sekarang kita akan mencoba mengulas tutorial autocad dasar lainya yaitu ; bagaimana cara membuat fillet menggunakan autocad atau istilahnya tips dan trik membuat fillet menggunakan autocad,kalo bahasa kerenya sich. How to make a fillet in autocad.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana membuat fillet dalam autocad,maka kita harus mengerti betul apa yang dimaksud dengan fillet itu sendiri menurut ilmu gambar ( autocad ).

Fillet adalah suatu bentuk sudut yang berada pada pertemuan dua garis,atau bentuk salah satu tepi / sisi dari benda ( obyek ) yang berbentuk setengah lingkaran atau sebuah garis yang membentuk garis busur.

Nah… ngerti dan paham kan apa yang dimaksud dengan  fillet..?,kalo sudah paham sekarang kita menguraikan cara – cara bagaimana membuat fillet menggunakan Autocad pada objek 2D maupun 3D.


Pada prinsipnya membuat fillet dalam autocad 2D terbagi menjadi 2 :

  • Fillet dengan metode trim.
merubah sudut lancip dari suatu sudut obyek menjadi sudut yang berbentuk garis lengkung atau garis busur dengan menghilangkan garis awal.


Caranya : 
Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih trim / ketik trim → enter → pilih trim/ketik T → pilih garis pertama yang akan di fillet → pilih garis kedua yang akan di fillet.


  • Fillet dengan metode No trim.

merubah sudut lancip dari suatu sudut sebuah obyek menjadi sudut yang berbentuk garis lengkung atau garis busur dengan tanpa menghilangkan garis awal.

Caranya :
Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih trim / ketik trim → enter → pilih no trim/ketik N → pilih garis pertama yang akan di fillet → pilih garis kedua yang akan di fillet.


cara fillet sebuah polyline dengan radius yang sama.



Caranya : 
Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih trim / ketik trim → enter → pilih trim untuk metode trim/ pilih No trim untuk metode No trim → enter → pilih metode Polyline/ketik P → enter → pilih garis polyline.

Cara fillet sebuah Obyek dengan Metode Multiple.


Caranya :
Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih trim / ketik trim → enter → pilih trim untuk metode trim/ pilih No trim untuk metode No trim → enter → pilih metode Multiline/ketik M → enter → pilih garis pertama → pilih garis kedua → pilih garis kedua → pilih ketiga dst.


Selain kita bisa mem-fillet obyek garis 2D seperti : line,Polyline,rectangle,Canter,dsb. Kita juga bisa mem-fillet sebuah sudut suatu obyek 3D.


Untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana cara membuat fillet pada gambar 3D akan kita bahas di episode yang lain tepatnya disini.


Demikianlah uraian berupa tips dan trik singkat bagaimana membuat fillet dalam autocad,atau bagaiamana belajar menggunakan tool fillet dalam autocad.


Selamat membaca dan tentunya mempraktekan..

Please do it.!!!!!!!!!!!!







bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.