Home » » Tips dan Trik Fillet Benda 3D dalam Autocad.

Tips dan Trik Fillet Benda 3D dalam Autocad.


Tips dan Trik Fillet Benda 3D dalam Autocad.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,Di minggu siang ini saya teringat akan janji saya untuk membuat postingan tentang cara fillet dalam autocad pada sebuah benda 3D,kalo episode yang lalu ( alaaah episode lagi aja ) kita sudah mengulas bagaimana melakukan atau membuat fillet menggunakan autocad pada gambar 2D,belum lengkap rasanya acara fillet dalam autocad kalau kita Cuma tau dan paham bagaimana cara fillet dalam autocad pada bidang 2D saja tanpa menyertakan bagaimana cara fillet pada sebuah benda 3D.

Nah gak perlu retorika panjang lagi tentang bagaimana membuat fillet pada sebuah benda 3D,sekarang kita coba mengulas satu demi satu cara fillet benda 3D dalam Autocad.

Buatlah sebuah gambar 3D seperti ini :



Kemudian rubahlah pandangan atas menjadi pandangan isometric :

fillet pada bidang 3D meliputi :

  • Edge.
: metode fillet terhadap sisi sisi lain dari sebuah benda 3D yang akan di fillet dengan nilai R yang sama.


Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih garis pertama → enter →  pilih edge ( pilih garis yang lain yang ingin di fillet ) → enter.

  • Chain.
:metode fillet terhadap sisi sisi lain dari sebuah benda 3D yang akan di fillet dengan nilai R yang sama.


Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih garis pertama → enter →  pilih chain ( pilih garis yang lain yang ingin di fillet ) → enter.

  • Radius.
:metode fillet terhadap sisi sisi lain dari sebuah benda 3D yang akan di fillet dimana nilai R garis yang satu dengan nilai R garis yang lain tidak  sama.

Klik ikon menu fillet pada tool icon/ketik fillet pada kolom perintah → pilih radius / ketik r → masukan nilai yang akan menjadi nilai radius → enter → pilih garis pertama → enter →  pilih Radius ( pilih garis yang lain yang ingin di fillet dengan r berbeda dengan r garis pertama ) → enter.


Yups begitulah ulasan singkat bagaimana cara membuat fillet pada sebuah benda 3D,semoga tutorial cara membuat fillet pada benda 3D ini bermanfaat bagi rekan rekan semua,yang ingin belajar dan memahami bagaimana menggambar menggunakan autocad,baik yang sedang belajar autocad dasar maupun yang sudah mahir dalam menggambar menggunakan autocad.


Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Mohon Maaf Atas Ketidak jelasan dan kekurang nyamanya gambar gambar yang di tampilkan karna sedang ada masalah dengan software corel capture yang saya punya.. untuk gantinya saya pindah ke format pdf yang bisa dilahat dan di download disini
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:40 AM

4 comments:

  1. Said = ok sama2.. lanjutkan untuk terus belajar ya sob... pasti bisa!!!

    ReplyDelete
  2. Tukang Serpis = iya sama2 met kenal juga ya..met gabung di dunia belantara autocad ini..

    ReplyDelete

RECENT POST