Home » » Cara Membuat Linear Dimension dalam AutoCAD

Cara Membuat Linear Dimension dalam AutoCAD

Cara Membuat Linear Dimension dalam AutoCAD

Salam Hangat di Awal Minggu..
Memberi ukuran dan menyajikan sebuah gambar lengkap dengan ukuran ukuran baik panjang maupun lebar,tinggi dsb,sangat diperlukan dan dibutuhkan bagi pengguna gmbar maupun orang yang menggambar itu sendiri ( drafter ),untuk itu kita menggunakan tool bar yang disebut dimension tool.

Pada awal pembahasan terdahulu saya sudah mengulas bagaimana cara merubah skala dimensi dalam autocad atau cara menggunakan dimensi tool,jadi selanjutnya saya akan mencoba mengulas dan membahas bagaimana cara membuat linear dimensi atau cara menggunakan dimensi linear dalam autocad, how to create linear dimensions using AutoCAD, nah Sebelum membuat linier dimension pada Autocad, harus pahami terlebih dahulu fungsi dari linier dimension itu sendiri. 


Linier dimension adalah salah satu tool yang digunakan untuk memberi ukuran pada garis horisontal dan juga vertical.


Adapun cara membuat linear dimensi dalam autocad ada beberapa cara :


Pertama buatlah sebuah rectangle dengan ukuran 100x150.
Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → enter.



Beberapa pengaturan dan modifikasi langsung dalam linear dimensi :

1.Mtext.
Merubah secara langsung text dalam linear dimensi,yang berupa jenis teks,besar dan kecilnya teks dsb seperti kita merubah sbuah teks.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Mtext atau ketik M → rubahlah jenis font,besar kecilnya teks dan warna teks → klik OK/Enter → klik di tempat yang di inginkan.


2.Text.
Merubah secara langsung text dalam linear dimensi,yang berbeda dari semula.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Text atau ketik T →Masukan nilai ukuran yang di inginkan → klik OK/Enter → klik di tempat yang di inginkan.


3.Angle
Merubah secara langsung letak sudut text dalam linear dimensi,yang berbeda dari semula.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Angle atau ketik A →Masukan nilai Sudut  yang di inginkan → klik OK/Enter → klik di tempat yang di inginkan.


4.Horizontal
Merubah secara langsung peenmpatan titik  ukur berdasarkan garis tegak lurus atau garis horizontal.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Horizontal atau ketik H →Masukan nilai Tinggi garis ukur  yang di inginkan → klik OK/Enter .



6.Vertikal
Merubah secara langsung penempatan titik ukur berdasarkan garis Mendatar atau garis Vertikal.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Vertikal atau ketik V →Masukan nilai Tinggi garis ukur  yang di inginkan → klik OK/Enter .



7.Rotate
Merubah secara langsung letak garis ukur sesuai dengan keadaan benda.

Caranya : Klik ikon linear dimension pada toolbar atau ketik Dimlinear → Pilih titik pertama dan kemudian titik kedua dst. → pilih Rotate atau ketik R →Masukan sudut kemiringan yang di inginkan → klik ditempat yang dituju.


Demikian cara membuat linear dimension atau cara mengukur menggunakan dimensi linear,cara membuat dimensi garis atau terkenal dengan istilah linear dimension ini sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan gambar dan penyajian gambar terutama dalam hal pemberian ukuran.

Semoga tutorial singkat bagimana cara membuat linear dimensi ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya pribadi dan tentunya bagi rekan rekan semua yang sedang belajar menggambar menggunakan autocad baik di tempat kursus maupun yang belajar sendiri – sendiri atau privat.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb



Judul terkait : Cara singkat menggunakan dimensi linear,tips menggunakan linear dimensions,cara member ukuran dengan linear dimension,how to create linear dimension using autoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:37 PM

2 comments:

  1. wah disini banyak belajar tentang IT

    ReplyDelete
  2. Zh!into = yach begitu dech boss,walaupun masih newbie.... thanks atas kedatanganya...

    ReplyDelete

RECENT POST