Home » » Cara Merubah Skala Dimensi dan Pemakaianya Dalam Autocad

Cara Merubah Skala Dimensi dan Pemakaianya Dalam Autocad

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

MENGGUNAKAN DIMENSI TOOL.

Dalam menggambar dan kemudian menyajikan gambar dalam autocad agar supaya mudah dimengerti dan dipahami untuk kemudian dapat dikerjakan sesuai gambar,maka kita perlu menyajikan ukuran – ukuran yang berupa panjang lebar atau tinggi dari suatu objek yang di gambar.

Penyajian bentuk – bentuk ukuran inilah yang disebut dimension atau garis ukur seperti tutorial kali ini yang akan mengulas bagaimana cara menggunakan dimension dalam autocad,cara setting dimensions tool dalam autocad,sehingga kita paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan dimensi dalam sebuah gambar menggunakan autocad.

Dimensi merupakan elemen anotasi yang digunakan untuk menunjukkan ukuran panjang, besar sudut, radius/diameter dan sebagainya. Dimensi juga merupakan anotasi yang sangat penting dalam menggambar teknik. Meski anda menggambar dan mencetak dengan menggunakan skala, tidak masuk akal jika orang yang ingin mengetahui ukuran gambar anda harus mengukurnya setiap saat.

Dimension juga diatur dengan style. Pengaturannya lebih kompleks dari teks style, namun pada dasarnya sama saja,Sebelum membuat linier dimension,Aligned Dimension dsb pada Autocad, selain harus dipahami terlebih dahulu cara merubah atau cara setting dimension style terlebih dahulu.

Cara melakukan setting dimension style :

1.klik dimension pada menu bar
2.pilih Dimension Style
www.letsbegins.blogspot.com


3.Kemudian muncul Dimension style box.
www.letsbegins.blogspot.com


4.Setting dan rubah elemen garis,panah teks dsb untuk tampilan dimension.

www.letsbegin.blogspot.com

5.Selesai / OK.

Nah cara setting dimension style sudah selesai,kita sudah bisa menggunakanya dalam proses pengukuran atau pendimensian suatu gambar baik linear dimension.angular dimension,center,arc dsb
Semoga beberapa tips dan trik cara setting dimension tool ini dapat berguna dan bermanfaat,khususnya bagi saya sendiri dan selanjutnya berguna untuk rekan rekan yang sedang mendalami belajar autocad.
Sekian terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
------------------------------------------------------------------------------------
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:07 PM

18 comments:

  1. happy blogging saja ya...saole gak mudeng ttg autocad

    ReplyDelete
  2. Ririe = ok lanjut... gak mlebu dulu minum teh ndisek opo piye... hehehehe

    ReplyDelete
  3. wah,,, gk pernah maen autocad aku mas :)
    pernah ada niat sih untuk belajar, tpi gada wktu
    hehehe

    ReplyDelete
  4. jquery = yach ini juga sambil belajar boss... hehehe maksih ya dah mau berkunjung dsini...

    ReplyDelete
  5. gan mau nanya sedikit nih.. klo misalnx ukuran gambar 1:100
    trus kita rubah jadi 1:200
    dimensinya supaya ikut berubah gimana caranya.. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. must takim = klik dimension yang akan dirubah kemudian klik tool properties dan coba lihat primary unit pada linear scale,,,nah disitu letak untuk membesarkan maupun untuk mengecilkan nilai dimension

    ReplyDelete
  7. mas, saya masih belum ngrti cara "Setting dan rubah elemen garis,panah teks dsb untuk tampilan dimension"

    ReplyDelete
    Replies
    1. elvin ; thanks sebelumnya dan maaf jika terlambat memoderasi komentar anda...untuk merubah all about dimension itu bisa kita rubah dari dimension style atau dengan cara mengetikan perintah D kemudian enter pada command line.

      Delete
  8. mas Admin saya mau tanya, kalo ngrubah dimensi pake printah aja ge mna caranya..? kalo lewat options saya udah bisa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. riado @ sy masih kurang faham apa yang agan mau rubah apakah textnya,warna,atau arrownya,jika itu semua yang mau dirubah kita bisa dengan cara double klik dimension yang akan di edit kemudian setelah muncul quick properties nah silahkan edit apa yang agan mau...mdh2an membantu

      Delete
  9. OK Pak muhtar arifin, Saya pelajari lagi.... sudah mulai aktif di blog AUTO-CAD Tangerang.. semoga bisa jadi Engineering dalam waktu dekat.. Amiin.. Minta Bantuannya Pak Arifin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juragan jumadi adi...dengan senang hati bisa membantu anda untuk terus belajar AutoCAD

      Delete
  10. Terimakasih sekali gan, ane jadi tau sekarang.. dulu sempet tau tapi lupa lagi, coba searching ternyata agan ngeposting. thnks gan sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali mr, kiki arifin..senang bisa membantu

      Delete
  11. Mas,saya mau tanya,saya menggambar rumah dengan ukuran 15 m x 10 m,,tlengkap dengan dimensi sama teks nya,trus saya ngeplot ke kertas A3 atau A4 sesuai dengan kertas yg saya inginkan,tapi dimensi nya sama teks tidak bisa terbaca, gimana cara mensetting nya mas..saya minta tolong solusi nya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pak fritz mauritz..jika dengan ukuran segitu kita plot pada ukuran kertas A3 apalagi A4 akan sangat kecil sekali teks dan dimensi yang telah kita buat,saran saya plot gambar tersebut secara partial,atau jika memang diperlukan tampil dalam satu layar cobalah pergunakan kertas A3 yang nanti kita print menjadi 8 lembar baru setelahnya di gabungin menjadi satu lembar..

      Delete
  12. Trimakasih ..menambah pengetahuan tentang AutoCad bagi pemula seperti saya...salam

    ReplyDelete

RECENT POST