Home » » Cara Merubah kode Perintah dalam AutoCAD

Cara Merubah kode Perintah dalam AutoCAD

Anda pasti pernah merasakan atau anda pernah lupa tentang perintah dalam autocad yang begitu banyak..?

Perintah standard dalam autoCAD memang sangat banyak sekali bahkan sampai kita lupa ikon dan perintahnya,apakah kita mesti keluarin semua ikon perintah dalam AutoCAD bisa penuh layar monitor,apalagi kita mesti menghafal perintah perintah itu satu persatu, wah bisa gak jadi gambar malah cuma menghafal ya?

Bagi pengguna AutoCAD senior pasti tidak asing lagi dengan perintah – perintah singkat dalam command line. Bagi mereka lebih cepat daripada menggunakan toolbar. Perintah-perintah singkat ini disimpan dalam file yaitu acad.pgp. Istilah kerennya untuk perintah-perintah singkat ini adalah command aliases. Untuk kenyamanan, beberapa orang cenderung merubahnya dengan mengedit acad.pgp sesuai dengan selera mereka :-)

pada edisi tutorial kali ini saya ingin membagi beberapa tips dan trik bagaimana menggunakan perintah dalam autocad dengan sangat singkat dan sesuai dengan keinginan kita masing masing, kenapa saya bilang perintah autoCAD kita rubah menurut selera kita masing masing karna kita tidak lagi menuliskan perintah seperti yang telah menjadi default program AutoCAD itu sendiri yang bahasanya kadang kadang bikin kita lupa.

Beberapa cara singkat merubah perintah dasar autoCAd sesuai keinginan kita :

1. Buka prgram AutoCad kemudian masuk ke menu Tool>Customize>Edit Programe Parameters (Acad.pgp)

2. Setelah itu akan muncul sebuah text dalam Notepad yang berisi kode kode perintah AutoCad

3. Cari kode perintah yang akan dirubah misalnya akan merubah perintah copy yang seharusnya "CO" akan kita ganti menjadi "C" saja dengan konsekuensi kita harus merubah pula kode "C" untuk perintah Circle dengan kode yang lain misalnya kode "CI" atau yang lainya karena tidak boleh ada perintah yang sama untuk menu yang berbeda.

4. Setelah selesai merubah apa yang kita inginkan untuk dirubah kebudian simpan Notepad tersebut dengan cukup menekan Control+S saja jangan di saveAs. 

Demikian sudah jadi perintah  dalam AutoCAD yang sesuai dengan keinginan kita,semoga bermanfaat dan dapat menjadi amal ibadah yang pahalanya terus sampai di syurga nanti.. amiiin..

Judul Terkait :
Cara merubah kode perintah dalam AutoCAD..?
Cara Merubah Mengedit Kode Perintah dalam AutoCAD..?
Cara Membuat Kode Perintah Sendiri Dalam AutoCAD...
 
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:55 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST