Home » » Pengantar Singkat AutoCAD dan Kegunaannya

Pengantar Singkat AutoCAD dan Kegunaannya

CAD merupakan singkatan Dari 'Computer Aided Design' yaitu software KHUSUS untuk membuat Gambar Teknik misalnya 'arsitektur', 'mekanik' atau 'listrik' bahkan sampai kepada Gambar Umum seperti "Desain Rumah " Dan Desain Sipil enginer.

 Autocad sendiri merupakan Produk Autodesk yang dijual dengan harga yang cenderung sangat mahal dikarenakan selain banyak kegunaan dan fungsinya juga merupakan software symbian yang mempunyai lingkungan dan dapat berafiliasi dengan software lain,misalnya Autodesk Invetor,Solidwork,Solid edge,Catia dsb.
"AutoCAD memiliki kemampuan untuk membuat gambar dengan tingkat presisi dan skala yang tepat sesuai dengan perencanaan /desain kita yang dapat kita publikasikan dalam bentuk sketsa juga dapat  diilustrasikan,dan hal yang lebih menguntungkan lagi dengan menggunakan software autoCAD kita bisa langsung mengaplikasikan dengan kerja mesin mesin tertentu misalnya  mesin bordir,  furnitur,machining,milling,borring,router dsb.
Proses menggambar  menggunakan AutoCAD selain mudah, sederhana dan lebih menyingkat wakt, asalkan operator/drafter  AutoCAD telah menjalani pelatihan dengan benar dan mengetahui cara cara menggambar menggunakan software AutoCAD dengan benar.

Software AutoCAD juga dapat mengubah jenis gambar dari 2D kedalam gambar 3D dan begitu juga sebaliknya autoCAD dapat mengkonfersi gambar dari 3D kedalam 2D lengkap dengan ukuran/dimensionalnya sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh pemakai gambar tersebut.

"Hal utama yang perlu kita ketahui dalam belajar autoCAD adalah mencoba memulai dari hal hal yang sederhana,mulai dari sekitar kita dan mulai belajar dari sekarang."

Memang software autoCAD bukan tanpa kekurangan pasti ada titik lemah dibanding dengan software drawing yang lain. Namun pada dasarnya apapun software nya yang penting tingkat kreativitas dari si pengguna itu sendiri yang sangat menentuka,semakin kreatif kita menjalankan software autoCAD di jamin kita akan jadi lebih profesional dan mahir.

Jadi kesimpulanya adalah software  AutoCAD sangat cocok untuk industrial dan pengusaha seperti pembuat pakaian dan bordir, semua jenis kontraktor (listrik, bangunan, otomotif, mekanik) untuk perusahaan manufaktur skala besar selama ada banyak gambar teknik yang terlibat dalam operasi itu. "sehingga perbedaan mendasar autoCAD dengan software photoshop dan corel adalah tingkat presisi dan ke akuratan dalam penggambaran suatu objek.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:52 PM

4 comments:

  1. ooo begitu ya...
    bahasanya kok rada susah dimengerti ya

    ReplyDelete
  2. Dunia Piyen = hmmmm masih di edit kawan..sekarang gmn apa sudah lebih mudah dimengerti?

    ReplyDelete
  3. Pak arifin, bisa dijelaskan teknik menggambar rumah dari awal sampai akhir (beserta contoh gambarnya secara detail)? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. kepada penanya = saya bisa saja tutorialkan cara membuat rumah menggunakan autoCAD lengkap dari pondasi sampai renderingnya tapi pertanyaanya mau sampai berapa page,dan tentu musti ada kategori dan sketch serta ukuran ukuran yang anda mau...hehehehe...untuk saat ini saya belum bisa ijabahi permintaan saudara untuk tutorial lengkap membuat rumah..next maybe..best regard

    ReplyDelete

RECENT POST