Cara Membuat 3D menggunakan extrude tool dalam autoCAD - AUTOCAD TANGERANG

Cara Membuat 3D menggunakan extrude tool dalam autoCAD

Thursday, March 1, 2012

Cara Membuat 3D menggunakan extrude tool dalam autoCAD

ads
 Bagaimana Cara membuat sebuah benda menggunakan extrude Tool dalam AutoCAD..?
 Cara Extrude Dalam AutoCAD...?
Dalam Proses memulai menggambar sebuah benda sehingga berbentuk 3D maupun 3D solid tidak akan pernah terlepas dari extrude.seperti yang telah kita bahas sebelumnya tentang bagaimana cara membuat 3D Solid menggunakan Primitive tool maka kita sekarang akan mengulas bagaimana cara membuat sebuah gambar 3D solid menggunakan extrude tool dalam autoCAD.

Apabila kita menggambar 3D solid menggunakan Primitive tool maka kita hanya bisa membuat suatu bentuk yang telah menjadi default dari software autoCAD itu,jadi sangat terbatas misalnya hanya bisa membuat BOX,Torus atau Donut dsb.tetapi apanbila kita membuat 3D solid menggunakan cara extrude tool maka setiap bentuk yang kita inginkan akan berbentuk 3D solid.



2. EXTRUDE
Extrude
adalah perintah memberi ketebalan/ketinggian pada suatu obyek 2D yang bersifat polyline tertutup. Sebagai contoh, buat kotak ukuran panjang 4 dan lebar 2 dengan perintah Rectangle, lalu beri ketebalan dengan Extrude.
Klik ikon Extrude
Command : _extrude
Current wire frame density: ISOLINES=4

Select objectS: klik kotak

Select objects: enter

Specify height of extrusion or [Path]: 50 enter

Specify angle of taper for extrusion <0>: enter


Catatan: 
  • Gambar disebelah kiri merupakan obyek rectang yang belum di extrude(ditinggikan), dan disebelah kanan adalah hasil dari pengextrudan.
  • untuk melakukan perintah tool maka objek harus berbentuk Polyline,kalau masih berbentuk garis ( Line maka bentuk yang dihasilkan bukan 3D tetapi 3D surface.
 Next : cara Membuat 3D Solid menggunakan Revolve Tool.Cara membuat benda 3D menggunakan Revolve Tool
bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.