Home » » Cara Membuat objek 3D Solid menggunakan metode Union.

Cara Membuat objek 3D Solid menggunakan metode Union.

Ketemu lagi dengan saya Arifin dalam forum tutorial AutoCAD di blog kesayangan saya ini blog dengan judul AutoCAD Tangerang,seperti biasa episode kita kali ini adalah melanjutkan topik dan pembahasan tentang bagaimana cara membuat suatu objek 3D menggunakan AutoCAD.

Begitu banyak cara dan metode dalam pembuatan suatu objek berbentuk 3D maupun 3D soild,seperti yang telah AutoCAD Tangerang bahas sebelumnya,misalnya dengan cara menggunakan Primitive tool,Extrude tool sampai cara membuat 3D menggunakan metode revolve,untuk selanjutnya saya akan coba bahas tentang bagaimana cara membuat objek 3D / 3D Solid menggunakan metode Union ( penggabungan ).

Union adalah suatu tool / cara yang berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih objek solid agar supaya menjadi satu dan tercipta suatu objek 3D yuang baru.


Sebenarnya cara / metode pembuatan suatu objek 3D / 3D Solid dalam AutoCAD itu sangatlah simpel alias sederhana sekali,hanya saja ketika kita akan membuat objek 3D yang lebih komplek dan rumit kita di tuntut untuk mengembangkan cara cara yang biasa kita gunakan. Sekedar mengingatkan cara yang umum dan biasa dipergunakan oleh Drafter AutoCAD,Design enginering dsb itu terdiri dari :

1) Dengan pemodelan Solid bentuk dasar (primitive)

2) Dengan ekstrusi (Extrude)

3) Dengan pemutaran (Revolve)

4) Dengan penggabungan maupun pengurangan ( Union dan Subtract ).
 
Berhubung cara membuat objek 3D menggunakan metode Primitive tool ,cara membuat 3D solid menggunakan Extrude dan Revolve,cara membuat 3D menggunakan metode Union atau penggabungan.
Adapun cara membuat 3D/ 3D Solid menggunakan metode Union adalah sbb:
  • Buatlah 2 buah objek atau lebih.
  • Tempatkan posisi keduanya secara berhimpitan atau bersinggungan.
  • Ketik perintah union atau klik toolbar union.
  • Pilih objek yang akan di gabungkan.
  • Ok

Selesai sudah cara membuat objek 3D menggunakan metode union dalam autoCAD semoga tutorial ini dapat membri manfaat bagi kita semua...jangan lupa setelah tutorial cara menggunakan union tool ini kita akan mengulas tentang cara subtact dalam proses pembuatan objek 3D menggunakan autoCAD.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:53 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST