Home » » Cara Mengaktifkan Ortho Dalam AutoCAD

Cara Mengaktifkan Ortho Dalam AutoCAD

Dalam Proses menggambar AutoCAD kita sering sekali menggunakan tool line,dan tentunya kita sudah tau bagaimana cara membuat Line dalam AutoCAD,begitu juga kita pasti sudah tau dan paham bagaimana cara membuat Polyline dalam AutoCAD.

masalahnya sekarang kalau kita membuat garis Line,maupun Polyline kita sering kesulitan karna harus input sudut dari sebuah garis yang akan kita buat,agar  bentuk dan arahnya sesuai dengan sumbu yang kita mau,nah disini kita memerlukan tool yang berfungsi untuk membuat setiap gerakan kursor kita searah lurus dengan sumbu X,Y tool ini disebut Ortho.

Ortho adalah singkatan dari Ortogonal, yang berarti secara vertikal maupun horisontal. Fungsi dari mode ortho ini adalah agar posisi dalam pembuatan obyek maupun dalam proses edit suatu obyek selalu sejajar secara vertikal maupun horisontal. Sebagai contoh, untuk membuat suatu garis maka akan dihasilkan garis yang lurus. Demikian juga dalam proses move atau copy obyek, jalur atau penempatan posisi obyek akan selalu sejajar vertikal maupun horizontal.


Ada 3 cara untuk mengaktifkan mode ortho, yaitu :
  1. klik  pada status bar yang terdapat di bagian bawah layar AutoCad. Melalui tampilan ortho di bar ini kita dapat mengetahui apakah mode ortho ini sedang dihidupkan atau dimatikan. Ketika mode ortho dihidupkan akan terlihat staus ortho dalam bentuk tombol ditekan. Seperti ilustrasi status bar dibawah ini.
    Terlihat ortho dalam status aktif, sedang status snap dan grid dalam keadaan tidak di aktifkan.
  2. Perintah Ortho dalam command prompt.
    Command : Ortho
    Enter mode [ON/OFF] : ( ketik ON jika ortho diaktifkan, ketik OFF jika ortho dinon aktifkan )
  3. Dengan menekan tombol F8 pada keyboard.

Demikian cara singkat tentang Ortho dalam AutoCAD dan bagaimana cara mengaktifkan Ortho padaAutoCAD,untuk lebih jelas dan detailnya bisa disimak dari video disini.
 
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:24 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST