Home » » Mengenal Tehnik Render Dalam AutoCAD

Mengenal Tehnik Render Dalam AutoCAD

Mengenal Rendering Dalam AutoCAD.

Salah satu proses melihat dan menyajikan gambar / obyek menggunakan autoCAD yang paling laris manis dan banyak sekali dipergunakan oleh drafter AutoCAD,Desainer AutoCAD,yaiyu view obyek menggunakan tehnik rendering.

Apa itu Render ???
Mengapa suatu obyek mesti di rendering..??
 
Render atau Rendering adalah proses akhir dari pembuatan gambar 3D aktual dari gambar yang telah di siapkan sehingga menyerupai bentuk nyata dengan warna cahaya, bayangan dan sudut pandang yang nyata. Sehingga menghasilkan gambar yang real dan tampak seperti sebuah hasil foto yang hidup dan nyata. Rendering juga digunakan dalam berbagai aplikasi kehidupan seperti Arsitektur, video game, simulator film dan lain sebagainya, yang masing-masing menggunakan keseimbangan, fitur dan teknik yang berbeda.


Rendering bisa dilakukan perlahan-lahan seperti pada pra-rendering, atau bisa juga secara real time. Pra-rendering adalah proses komputasi yang intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film animasi, sedangkan real time rendering sering digunakan untuk proses pembuatan video game yang lebih mengandalkan penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware.

Beberapa hal yang sangat mendukung dalam sebuah proses rendering dan sangat mempengaruhi hasil dari suatu rendering adalah shading, pemetaan tekstur, pemetaan kontur, pengabutan, bayangan, bayangan halus, refleksi, dan transparansi.

Teknik render pada Autocad merupakan cara untuk membuat obyek tampak lebih hidup. Rendering bisa menjadi aspek yang vital dan sangat menghabiskan waktu dalam suatu proyek. Karena harus mengatur posisi kamera, pencahayaan dan bahan. Di masa lalu seorang insinyur teknik atau orang yang akan melakukan pekerjaan rendering akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk rendering dari pada pembuatan model 3D. Selain itu, ketika bekerja dengan banyak sumber cahaya, dan masing-masing cahaya menghasilkan bayangan, maka proses rendering akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan komputer yang handal untuk menjalankan proses render tersebut.

Proses rendering yang terkomputerisasi melibatkan 4 langkah:
1. Pembuatan model / objek, yang bisa berupa benda ruangan dan lain sebagainya
2. Pencahayaan
3. Menentukan material yang akan di terapkan pada objek render
4. Proses render

Demikian pengertian render / rendering dalam dunia autoCAD,semoga dengan tulisan ini kita bisa paham dan dapat melakukan tehnik rendering menggunakan autoCAD dengan sempurna.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:42 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST