Home » » Panduan Dasar AutoCAD MAP

Panduan Dasar AutoCAD MAP

 
 
Pemetaan bidang merupakan kegiatan pemetaan yang sederhana, karena tema utama yang dibuat adalah peta batas bidang tanah, sekalipun sarana dan fasilitas yang dibangun untuk kepentingan tersebut cukup rumit dan mahal karena membutuhkan ketelitian-ketelitian geometris misalnya membangun jaringan titik-titik kontrol pemetaan lengkap dengan tugu-tugu referensi, membuat peta-peta pendaftaran dan adanya peraturan-peraturan yang mendasari guna mencapai kepastian letak yang diinginkan. Sedangkan sebagian informasi lainnya yang ada dalam peta adalah sebagai pembantu dalam mengenali batas batas bidang tanah yang telah diukur atau yang belum pernah diukur untuk kegiatan pendaftaran tanah.
 
Sebagai konsep dasar: gambar bidang-bidang tanah dalam peta pendaftaran merupakan ‘miniatur” dari besar-besaran jarak ataupun sudut sudut dari bidang tanahnya di lapangan. Dalam menggambar peta bidang dari data gambar ukurnya (GU) ada dua cara yang dipakai yakni:
1. Secara grafis yaitu menggambar langsung hasil pengukuran panjangan-panjangan dan sudut dilapangan atau
2. Secara koordinat, yakni menggambar dan menghubungkan titik-titik koordinat hasil pengukuran sehingga membentuk bidang bidang yang diinginkan.
Sebagai dasar teori penggambaran titik, dalam pedoman ini diberikan pengenalan teori menggambar beberapa kombinasi antara sudut dan jarak guna mendapatkan suatu titik di lapangan.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:32 PM

2 comments:

  1. mampir ahhh jalan2 siang smbil baca2 dimari,

    ReplyDelete
  2. Kng Jer @ kmana aja kang jer...lama gak mampir dimari..

    ReplyDelete

RECENT POST