Home » » Pengetahuan Dasar Tentang 3D Solid dalam AutoCAD

Pengetahuan Dasar Tentang 3D Solid dalam AutoCAD

Salam CAD.
 
Setelah lama saya mencoba mengulas tutorial autoCAD dari awal,dimana dulu kita benar benar belum mengerti dan memahami apa itu autoCAD,sampai akhirnya kita sekarang sudah paham dan mengerti kegunaan autoCAD,bahkan sekarang kita bisa menggunakanya dalam menggambar sesuai dengan bidang pekerjaan kita masing masing.

Proses pengenalan AutoCAD dasar telah banyak saya postingkan dalam blog AutoCAD tangerang ini mulai dari cara membuat garis sampai kepada cara cara memberikan ukuran pada suatu gambar menggunakan autoCAD,proses ini saya sebut proses menggambar 2D menggunakan autoCAD, nah... sekarang kita akan mencoba mulai mengulas proses menggambar suatu benda 3D menggunakan autoCAD,tapi sebelum memulai proses menggambar 3D menggunakan autoCAD sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan 3D,3D Solid ,3D surface maupun perbedaan antara gambar berbentuk 2D dengan gambar berbentuk 3D.


Dalam dunia drawing menggunakan autoCAD sebuah benda dapat di gambar dalam bentuk 3D maupun 2D, bentuk 3D inilah yang lazim disebut Solid padahal 3D itu ada bentuk selain solid yaitu surface.

perbedaan mendasar dari gambar berbentuk 3D dengan gambar berbentuk 2D adalah masalah ketebalan / ketinggian suatu produk,apabila dalam gambar 2D hanya terdiri dari panjang dan lebar,kalau gambar berbentuk 3D selain panjang ,lebar juga dapat langsung terlihat ketinggian produk tersebut.

sementara perbedaan mendasar dari benda berbentuk 3D solid dengan 3D berbentuk surface adalah, apabila dalam 3D solid suatu benda mempunyai isi / daging yang biasa di sebut pejal ( solid ) sementara kalau 3D surface hanya berupa dinding2 atau sekat2 tanpa memiliki daging di dalamnya shingga hanya berbentuk rongga atau ruang kosong.


Setelah kita mengetahui dan memahami perbedaan dari gambar bentuk 2D,3D,3D Solid maupun 3D surface maka kita akan lebih mudah untuk menguasai autoCAD dengan cepat dan benar serta sangat mendukung kemudahan dalam proses menggambar sesuai dengan bidang kita masing masing..

semangat..
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 6:21 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST