Home » » Cara Membuat Core dan Cavity menggunakan Solidwork. ( Part 1 ).

Cara Membuat Core dan Cavity menggunakan Solidwork. ( Part 1 ).

Cara Membuat Core dan Cavity menggunakan Solidwork. 
( Part 1 ).

Seharian ini pekerjaanku sangat menyita waktu dan pikiran,apa pasal…? Karena hari ini saya mesti mengerjaan beberapa gambar dan menyajikanya dalam bentuk core dan Cavity sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu pola dan machining CNC.

Membuat core dan cavity memang susah susah gampang kadang sangat mudah dan cepat kadang membuat core cavity itu satu pekerjaan yang sangat luar biasa sulit,begitu juga pekerjaanku hari ini,beberapa produk saya kerjakan dengan cepat dan selesai tapi beberapa produk yang lain malah belum terselesaikan sampai saya tulis tutorial ini.

Sebelum memulai tutorial solidwork tentang bagaimana cara membuat core dan cavity menggunakan solidwork lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan core dan cavity khususnya dalam dunia moulding.

Core dan Cavity adalah komponen utama dalam cetakan/mouldingbaik itu industri plastic,Styrofoam dsb. Core akan membentuk permukaan dalam dari produk dan Cavity akan membentuk permukaan luar dari produk.core dan cavity sering juga disebut moulding / profil laki laki dan moulding perempuan,dimana core adalah laki dan Cavity adalah perempuanya.


Banyak sekali cara seorang drafter untuk mendapatkan sebuah gambar yang berbentuk core dan cavity,mereka bisa menggunakan software drawing yang mereka kuasai AutoCAD,Solidwork,Autodesk Invetor dsb semua menyediakan fitur untuk membuat Core dan Cavity.

Adapun cara membuat core dan cavity menggunakan solidwork adalah sbb :

  • Buka file yang akan dibuatkan core dan cavity.
  • Tentukan parting lines.
  • Cek menggunakan draft analysis.
  • Gunakan shut off surface apabila produk itu berlubang.
  • Buatlah parting surface.
  • Berpindah ke sketch dan buatlah rectangle keluat dari area produk aslinya.
  • Finishing sketch dan klik tooling split.
  • Ok.

Demikian cara singkat membuat core dan cavity menggunakan solidwork,tapi jangan dikira segampang itu ya,,banyak sekali kendala yang sering terjadi ketika kita akan membuat core dan cavity dari produk yang lebih rumit dan kompleks.

Kalau anda ingin bisa mengatakan membuat core dan cavity itu mudah dan gampang kuncinya adalah pahami,kerjakan dan rajin2lah berdo’a niscaya semuanya akan mudah dan gampang… trust me!!!!


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 6:50 PM

2 comments:

  1. huebatt kankk kapan2 aku di ajari ya...hehe

    ReplyDelete
  2. Awalilah = amiiin mudah2an terus bermanfaat tutorial Core & Cavity ini ya gan....boleh kalo mau belajat gan AutoCAD ada,Solidwork juga bisa

    ReplyDelete

RECENT POST