Home » » Cara Membuat Scale List Pada AutoCAD

Cara Membuat Scale List Pada AutoCAD


Membuat daftar skala pribadi dalam autoCAD.

Membuat skala dalam proses menggambar menggunakan autoCAD memang sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam penafsiran mengenai ukuran yang ada pada obyek gambar tersebut ketika nanti diterjemahkan kedalam bentuk 2D atau print out.

Pada postingan saya terdahulu tentang bagaimana melakukan scale pada obyek/gambar autoCAD itu hanya bersifat atau hanya sering dipergunakan untuk benda kerja 2D maupun 3D sedangkan yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai pembuatan skala yang akan ita pergunakan keseluruhan dari setiap proses menggambar menggunakan autoCAD dalam keseharian kita tergantung pada obyek yang akan kita gambar.

Di dalam AutoCAD terdapat fasilitas scale list. Ini berguna untuk mengatur skala gambar ke skala kertas di model spaces dan paper spaces. AutoCAD sendiri sudah menyediakan untuk metric dan inches. Untuk metric terdapat skala yang umum yaitu: 1:00, 1:50, 1:20, dst.



Skala ini sesuai jika kita memakai unit satuan milimeter (mm). Bagaimana kalau jika pengguna menggunakan unit satuan gambar meter (m) atau bahkan centimeter (cm)! Atau gambar site plan yang membutuhkan skala 1:200 atau 1:500?

Untuk itu kita harus membuat skala gambar yang disesuaikan dengan pekerjaan yang kita kerjakan.


AutoCAD menyediakan untuk membuat daftar skala sendiri yaitu di command: OPTIONS, tab User Preferences, dan klik toolbar Edit Scale List.. .

 

http://letsbegins.blogspot.com/
Scale List
Untuk menambahkan daftar skala baru misal untuk gambar site 1:500, klik toolbar Add.. dan kemudian muncul,
http://letsbegins.blogspot.com/
Scale List
 Di Name appearing in scale list: masukkan nama daftar skala yaitu; 1:500 lalu untuk Paper units: diisi angka 1 da Drawing units: angka 500. dan klik OK. Maka kita punya daftar skala baru 1:500 untuk unit satuan milimeter (mm).

http://letsbegins.blogspot.com/
Scale List

Bila kita meggunakan unit satuan gambar meter (m), anda dapat menambahkan daftar skala yang anda inginkan dengan cara sperti diatas. Berikut ini daftar skala yang penulis sarankan untuk pengguna dengan unit satuan gambar dalam meter (m):

Name appearing in scale list:
Paper units
Drawing units:
1:100 (m)
1
0.1
1:50 (m)
1
0.05
1:20 (m)
1
0.02
1:10 (m)
1
0.01
dst..

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:20 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST