Home » » Geometric Constrain Collinear Dalam AutoCAD

Geometric Constrain Collinear Dalam AutoCAD

Menggunakan Geometric Constraint Collinear  dalam AutoCAD.
Masih dalam episode yang sama yaitu tutorial tentang Geometric Constraint pada menu Parametric kali ini kita akan mengulas tool/perintah lain yaitu Geometric Constraint Collinear.

Menggunakan Geometric Constraint Collinear pada menu parametric adalah sebuah tool / perintah dalam autoCAD yang berfungsi untuk merubah sebuah atau beberapa garis ( line ) menjadi searah dengan garis yang menjadi acuan dengan cara merapatkanya ( menggabungkan ) beberapa garis menjadi satu arah garis berdasarkan pada garis yang menjadi titik pertama.

Dengan menggunakan Geometric Constraint Collinear ini kita bisa merubah garis vertical mauoun diagonal sekalipun menjadi garis yang sesuai dan searah dengan garis yang menjadi acuan pertama tadi.


Adapun cara Menggunakan Geometric Constraint Collinear Adalah sbb :

  1. Klik Parametric pada Menu Bar.
  2. Pilih Geometric Constraint.
  3. Pilih Collinear
  4. Atau ketik GCcollinear pada kolom perintah.
  5. Pilih Garis yang akan menjadi acuan arah garis.
  6. Pilih garis yang akan dirubah menuruti acuan garis pertama.
  7. Ok.
http://letsbegins.blogspot.com/
Geometric Constraint Collinear

Selesai sudah tutorial cara menggunakan parametric dengan cara geometric constraint metode collinear untuk merubah garis yang tidak beraturan maupun acak menjadi garis yang searah dengan arah garis pertama sebagain acuan,semoga tutorial cara menggunakan geometric constraint collinear ini bermanfaat dan dapat dipraktekan rekan blogger pecinta autoCAD semua.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:24 PM

2 comments:

  1. kegunaanya autocad ntuh apa maz ,,?

    ReplyDelete
  2. zafin Bieber = AutoCAD itu adalah salah satu software yang berfungsi untuk kita membuat rancang bangun sebuah produk baik 2D maupun 3D biasanya sering dipakai untuk industri,perumahan,civil,elektronik,robot dsb,gimana tertarik belajar autoCAD..?

    ReplyDelete

RECENT POST