Home » » Geometric Constraint Fix.

Geometric Constraint Fix.

Geometric Constraint Fix.

Kalau pada postingan tentang geometric constraint sebelumnya kita membahas bagaimana merubah posisi dan letak suatu geometri baik itu berdasarkan garis sebagai acuan juga berdasarkan titik point,tetapi kali ini saya akan mencoba membahas salah satu geometric constraint yang justru berfungsi mengunci agar garis dan titiknya tidak bisa berubah kemana mana yaitu geometric constraint fix.

Geometric constraint Fix adalah salah satu ikon / perintah untuk mengunci element geometric ( arc,line dsb) sehingga garis tersebut tidak bisa dirubah lagi baik titiknya maupun panjang dimsenionalnya.

Dengan menggunakan geometric constraint fix ini sebuah garis yang biasanya masih kita bisa rubah menggunakan perintah STRETCH,maka apabila sudah kita gunakan metode geometric constrain fix ini maka perintah STRETCH tidak berlaku alias tidak berfungsi.


Adapun cara menggunakan parametric dengan geometric constraint fix metode Multiple adalah sbb:

Klik parametric pada menu bar.
Pilih geometric constraint.
Pilih Fix
Atau ketik GcFix pada kolom perintah.
Pilih garis yang akan dikunci.
Ok.

= = > berhubung penyajian gambar tidak begitu member penjelasan yang signifikan maka pada tutorial bagaimana cara mengunci garis menggunakan geometric constraint metode fix maka saya akan menggantinya dengan versi video silahkan lacak jejaknya disini.

Demikian tutorial singkat tentang geometric constraint metode fix untuk mengunci suatu garis agar tidak bisa sembarangan modifikasi oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 6:53 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST