Home » » Proses Menggambar 2D ke 3D pada AutoCAD.

Proses Menggambar 2D ke 3D pada AutoCAD.

Pengetahuan Singkat Menggambar 2D ke 3D menggunakan AutoCAD.

Perpindahan gambar dari 2D atau hanya masih berformat Sketch ( sketsa ) menuju ke3D  memang sedikti memerlukan keahlian dan kecermatan dalam menggunakan tool / perintahnya tetapi ini akan jadi sangat mudah apabila kita memang menguasai dan sudah terbiasa menggambar obyek obyek 3D menggunakan  autoCAD.

Setiap benda / obyek 3D yang kita bentuk sudah pasti kita akan melewati proses menggambar 2D atau sketsa,jadi ada keterkaitan antara proses menggambar menggunakan 2D untuk menuju proses selanjutnya yaitu menggambar obyek kedalam 3D.

AutoCAD memberikan teknik cepat dalam kita merancang sebuah gambar 2D ataupun 3D. Perintah atau command yang umumnya kita gunakan dalam menggambar 2D antara lain adalah line, polyline, move, rotate, mirror, array. Untuk penggambaran bidang kita gunakan perintah : circle, rectang atau ellipse. Selain lebih cepat, hasilnya juga lebih akurat. 

Setelah gambar 2D jadi, kita bisa gunakan sebagai dasar untuk pembuatan gambar 3D. Perintah yang kita gunakan dalam penggambaran 3D adalah extrude, rotate 3D, slice, subtract, dan lain-lain. Permainan UCS (Unit Coordinate System) sangat penting dalam kita menggambar AutoCAD 3D.

Sekedar mengingatkan semua perintah menggambar / tool 2D dalam autoCAD pernah saya bahas pada edisi edisi sebelumnya bahkan sampai proses pembuatan gambar obyek 3D pun pernah saya ulas pada blog autoCAD tangerang ini.


Semoga dengan tulisan ini kita lebih bersemangat mengikuti proses demi proses menggambar mulai dari 2D dulu setelah merasa mampu dapat meneruskanya kedalam proses menggambar obyek 3D dst.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:35 AM

2 comments:

  1. KUNJUNGAN SORE GAN ..
    jangan lupa berkunjung yaa

    ReplyDelete
  2. Dj = thanks gan siaaap berangkat ke TKP

    ReplyDelete

RECENT POST