Home » » Cone Dalam AutoCAD

Cone Dalam AutoCAD

Cara Membuat Obyek 3D bentuk Kerucut.

Membuat sebuah benda 3D menyerupai bentuk kerucut dalam bahasa drawing kerucut juga juga disebut dengan istilah cone dan toolbar / ikon perintah untuk membuatnya pun disebut cone.

Cone/Kerucut adalah sebuah bentuk 3D yang mempunyai alas sebuah lingkaran dengan ukuran jari jari maupun diameter dan ketinggian tertentu,terkadang juga alas sebuah cone bisa berbentuk ellipse.

Pengertian singkat mengenai bentuk alas sebuah cone atau kerucut adalah sbb :

  1. Lingkaran ( Circle ) = alas dari sebuah cone membentuk lingkaran/circle yang tentunya mempunyai ukuran jari jari maupun diameter yang telah kita tentukan sebelumnya.
  2. Ellipse ( Elliptical )= alas dari sebuah cone membentuk Ellipse yang tentunya mempunyai ukuran jari jari maupun panjang dan lebar ellipse yang telah kita tentukan sebelumnya.


Adapun cara membuat kedua bentuk alas cone baik lingkaran maupun ellipse menggunakan 3 metode :

  • 3P ( 3 titik  acuan) = membuat alas cone mengunakan metode tiga titik acuan yang nantinya kita dapat menentukan apakah alas cone nantinya akan berbentuk lingkaran atau ellipse.
  • 2P ( 2 titik acuan ) = membuat alas cone mengunakan metode dua titik acuan yang nantinya kita dapat menentukan apakah alas cone nantinya akan berbentuk lingkaran atau ellipse.
  • Ttr (Tangent tangent Radius ) = membuat alas sebuah cone berdasarkan pada letak tangent diantara dua lingkaran untuk membentuk lingkaran baru.

Cara pembuatan alas cone baik Ellipse maupun lingkaran ini akan lebih cepat sekali untuk dipahami dan di praktekan apabila kita sudah menguasai bagaimana membuat ellipse dengan metode diatas dan juga bagaimana cara membuat lingkaran dengan ketiga metode diatas,tutorial ini sudah pernah saya bahas silahkan di buka buka kembali.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:38 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST