Home » » Dimension Style Manager Part 3. ( arrow )

Dimension Style Manager Part 3. ( arrow )


Cara Merubah Lambang Panah ( Arrow Head ) Pada Dimensional dalam AutoCAD.

Cara merubah atau cara mensetting Dimension Style menggunakan Dimension Style Manager memang sangat diperlukan sekali agar informasi yang kita berikan kepada pembaca atau pelaku gambar akan jelas dan tidak menglami kesalah pahaman baik dalam hal bentuk maupun ukuranya.

Pada edisi tutorial terdahulu tentang cara setting Dimension Style Manager kita sudah membahas bagaimana merubah garis pada dimensional style yang berupa Dimension Line maupun Extention Line,langkah atau step selanjutnya yaitu kita akan merubah atau mensetting Symbol and Arrow dalam dimension style menggunakan simension style manager.

Symbol and Arrow = sebuah bentuk / tanda dalam dimensional AutoCAD yang berfungsi untuk menjelaskan titik awal mapun titik akhir dari suatu pengukuran.
Adapun hal hal yang sering dirubah atau disetting dalam Dimension Style Manager tab Symbol and Arrow adalah sbb :

1.Arrowheads .
Arrowheads yaitu : kepala atau ujung dari tanda panah ( secara default Arrowheads ini berbentuk Clossed Filled yakni tertutup dan berisi penuh serta runcing kedepan dengan ).
Arrowheads ini ada 2 jenis yaitu :
  • First Arrrowheads = kepala atau tanda panah yang ujungnya merupakan titik awal dimulainya pengukuran.
  • Second Arrrowheads = kepala atau tanda panah yang ujungnya merupakan titik akhir sebuah proses pengukuran.
  • Leader = sebuah tanda untuk meberi tanda batasan pada leader dimension yang kita buat.
2.Arrow Size.
Arrow Size yaitu ukuran besar kecilnya anak panah ujung yang menunukan titik titik tertentu.( secara Default Aroow Size berukuran 2.5mm ) silahkan sesuaikan dengan besar dan kecilnya ukuran obyek yang sedang digambar.

http://letsbegins.blogspot.com/
Arrow Head setting dalam Dimension Style Manager

http://letsbegins.blogspot.com/
Arrow Head setting dalam Dimension Style Manager

Perhatikan perbedaan Arrow Head pada gambar 1( semua menggunakan pengaturan default ) sementara gambar kedua menggunakan settingan arrowhead tertentu.

Demikian Cara Setting Arrow Heads atau tanda panah pada Dimensional Style Manager dalam AutoCAD,selanjutnya kita akan ulas tentang cara setting Symbol dalam Dimension style.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:36 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST