Home » » Cara Menggunakan Perintah Align Dalam AutoCAD.

Cara Menggunakan Perintah Align Dalam AutoCAD.

Cara Menggunakan Perintah Align Dalam AutoCAD.

Dalam proses menggambar menggunakan autocad terkadang kita menemui keadaan dimana kita harus menggabungkan dua buah obyek atau lebih menjadi satu kesatuan bentuk obyek tertentu,proses pemindahan inilah dalam autoCAD kita mengenal juga perintah align.

Lalu apa pengertian perintah align dalam autoCAD…?
apa perbedaanya dengan perintah move..?
bagaimana cara menggunakan perintah align dalam autoCAD..?

pertanyaan pertanyaan yang akan coba kita ulas satu persatu agar nantinya jelas dan kita dapat menggunakanya dalam proses menggambar menggunakan autoCAD,untuk apa pengertian perintah align dalam autoCAD adalah Perintah align memungkinkan untuk melakukan Move dan Rotate dengan menggunakan tiga pasang titik sumber dan titik yang dikehendaki, Align dapat digunakan untuk gambar 2D maupun 3D.


jadi perbedaan mendasar perintah align dengan move adalah terletak pada rotate,kalau kita perintah move kita hanya akan memindah obyek tetapi tidak bisa langsung memutarnya,tetapi apabila kita menggunakan perintah align maka kita bisa memindahkan obyek sekaligus memutarnya berdasarkan titik titik yang kita tentukan.

Perintah align dalam penggunaanya mirip perintah match di software software gambar yang lain,misalnya solidwork dsb,yakni dengan kata lain perintah align ini adalah kita memindahkan dan sekaligus memutar sebuah obyek berdasarkan pada titik titik yang akan menjadi perpaduan antara obyek baru ( yang akan dipindahkan ) dengan obyek lama yang menjadi acuan sehingga bisa sinkron.

Adapun cara menggunakan perintah align dalam autoCAD adalah :
  • Klik modify pada menu bar kemudian pilih 3D operation dan klik align.
  • Atau ketik align pada kolom perintah ( AL ).
  • Pilih obyek yang akan dipindahkan.
  • Tentukan titik point pertama ( 1P )pada obyek yang akan dipindahkan.
  • Tentukan titik acuan dimana titik pertama tadi akan ditempatkan pada obyek lainya.
  • Tentukan titik kedua ( 2P ) pada obyek yang akan dipindahkan.
  • Tentukan titik acuan dimana titik kedua tadi akan ditempatkan pada obyek acuan.
  • Enter/ ok.
http://letsbegins.blogspot.com/
Cara Menggunakan Perintah Align Dalam AutoCAD.
Arifin ; gambar sebelah kiri adalah sebelum proses align dan sebelah kanan adalah setelah proses.

Selesai sudah cara menggunakan perintah align secara sederhana,sekali lagi saya katakana bahwa cara diatas adalah cara menggunakan perintah align dalam autoCAD metode 2 point tetapi apabila ingin menggunakan perintah align dengan metode 3point caranya tidak jauh beda kita tinggal melanjutkan penentuan titik pointya saja.

Kesimpulanya adalah menggunakan perintah align dalam autoCAD ini tidaklah berbeda dengan penggunaan perintah move hanya saja bedanya penggunaan perintah align ini kita bisa langung merotate obyeknya secara langsung / otomatis.

Demikianlan saya ( arifin ) sampaikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara menggunakan perintah align dalam autoCAD,semoga dengan tutorial penggunaan align dalam autoCAD ini dapat bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi maupun rekan rekan semua pengguna autoCAD..amiin

lihat video tutorial cara menggunakan perintah align dalam autocad,sorot video : how to move and rotate obyek using align in autoCAD

By.Arifin / wayank.
 tangerang


Tags ; 3D operations,Align,How to using align in autoCAD,move or align in autoCAD


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:09 AM

2 comments:

  1. terima kasih ilmunya kawan..
    di tunggu kunjungannya

    ReplyDelete
  2. Makasih ilmunya , sangat membantu :)

    ReplyDelete

RECENT POST