Home » » 3 Kunci Mahir Menggunakan AutoCAD.

3 Kunci Mahir Menggunakan AutoCAD.

3 Kunci Mahir Menggunakan AutoCAD.

Banyak sekali orang / para pemula atau malah masyarakat umum yang bertanya bagaimana cara cepat mahir menguasai autoCAD,atau bagaimana cara cara belajar untuk bisa mahir menggunakan autoCAD.

Pertanyaan pertanyaan itulah yang sedikit menggelitik kuping saya untuk mencari tahu dan segera berbagi kepada mereka yang ingin mengetahui kunci keberhasilan agar mahir menggunakan autoCAD,meski saya masih belum layak dibilang mahir menggunakan autoCAD,tapi saya yakin 3 kunci yang saya akan persembahkan kali ini adalah salah satu jembatan untuk menjadi mahir dalam autoCAD.

Ada sebuah kalimat bijak yang pernah saya dengar tentang kategori mahir, “sejago jagonya orang naik motor tetapi orang itu tidak punya motor,tentu masih kalah sama orang yang belum jago naik motor tetapi punya motor sendiri,karena cepat atau lambat orang ini akan menjadi mahir.


Ada lagi perumpaan yang pernah kita alami yang bisa kita ambil makna pelajaranya tentang arti bagaimana cara menjadi mahir pada bidang kerja tertentu ; dulu kita ketika masih kanak kanak ingin sekali bisa naik sepeda dengan baik alias mahir,pertama kita pasti mengenal dulu apa itu sepeda,kemudian sedikit demi sedikit belajar menaikinya,awalnya pake kaki sebelah,kemudian menggunakan dua kakinya secara bersemaan.

Dari percobaan itu tidak sedikit yang terjatuh bukan hanya lecet,lebam atau keseleo tapi terkadang sampai mengakibatkan luka permanen,tetapi lama kelamaan kita akan menjadi orang yang bisa mengendarai sepeda tanpa jatuh jatuh lagi bahkan lebih mahir dengan berbagai atraksi atraksi lainya sehingga masyarakat menyebut kita orang yang mahir mengendarai sepeda tidak terkecuali dalam menggunakan autoCAD.

Dari cuplikan cerita diatas ada kaitanya dengan bagaimana untuk bisa menggunakan autoCAD secara cepat dan benar apalagi mahir,tentu bukan hal yang instant kita bisa disebut mahir menggunakan autoCAD,perlu melewati proses yang panjang dan perlu kesabaran extra serta ditambah beberapa trik dibawah ini :

1.Training
Yang terbaik tentu training. Semua aspek yang disebutkan di atas bisa kita dapatkan. Instruktur menunjukkan caranya (visual), menerangkan (audio) dan anda juga diberi latihan (kinesthetic),Tapi tentu saja, jangan memilih training sembarangan. Tentunya yang berkualitas. Anda bisa minta daftar isi atau syllabus materi training yang diberikan sebelum memutuskan apakah memang bagus. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya ekstra jika memang training yang diberikan lebih baik.

2.Buku
Buku atau materi sejenis sangat bagus jika anda adalah kinesthetic learner. Anda harus baca dan coba. Kalau anda merasa nyaman membaca buku dalam bahasa Inggris, saya sarankan pakai saja Autodesk Official Training Guides. Jangan buku setebal beberapa puluh lembar dari toko buku lokal. Walau tampak jauh lebih murah, tapi isinya tidak akan banyak membantu.
Jika anda punya contoh gambar, rajin-rajin menggunakannya untuk berlatih. Seperti belajar naik sepeda, anda mungkin harus jatuh, menabrak, atau masih cukup lama sekedar untuk bisa seimbang. 

3.Mentor / Pemandu.
Mentor atau pengajar bahkan pemandu dalam autoCAD sangat diperlukan untuk menjadi mahir menggunakan autoCAD nantinya,tanpa seorang pemandu tentu kita akan sering mengalami kebingungan ketika menghadapi masalah gambar baru,dalam mencari pemandu atawa mentor bahkan pengajar kalau bisa se selektif mungkin,cari yang benar benar menguasai autoCAD,mahir dalam setiap tool / perintah yang akan digunakan,meskipun bayarnya cenderung lebih mahal.

Kesimpulan.
Setiap orang siapapun orangya,jenis kelaminya tak mengenal cewek maupun cowok,tua maupun muda tentu berharap menjadi seseorang yang bergelar mahir,tetapi apakah kita telah berusaha menjadi seorang yang mahir dalam bidang kita terutama autoCAD,dengan berbekal cerita diatas dan 3 kunci menjadikan kita mahir menggunakan autoCAD saya harap segera terwujud pencapaian gelar mahir tersebut milik kita..amiiin

bagaimana pengalaman anda belajar?
Jika anda termasuk pengguna veteran AutoCAD, bagaimana dulu anda belajar? Maukah anda berbagi pengalaman dan memberikan sedikit nasihat?
Bagi yang baru belajar, selamat berlatih!


by.arifin





Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:22 PM

1 comments:

  1. Amiiiiin

    Keren keren Aku juga pengen bisa secara mahir

    ReplyDelete

RECENT POST