Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing - AUTOCAD TANGERANG

Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing

Thursday, August 16, 2012

Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing

ads
Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing.
unik memang postingan saya kali ini tentang shop drawing dan as built drawing,ini saya dapatkan ketika saya berselancar didunia maya dalam rangka mencari lowongan kerja,banyak sekali permintaan atau tepatnya persyaratan yang mengharuskan bisa dan memahami pembuatan shop drawing juga as bulit drawing.

Persyaratan persyaratan ini menimbulkan pertanyaan dibenak saya,apa sich pengertian dan maksud dari shop drawing dan apa juga maksud dari as built drawing tersebut,setelah googling kesana kemari dan berdasarkan pengalaman saya sebagai drafter akhirnya saya menemukan jawabanya,padahal pekerjaan shop drawing dan built drawing ini sering sekali saya praktekan akan tetapi saya tidak paham betul bahwa yang sering saya kerjakan tersebut merupakan kategori shop drawing dan built drawing..hmmmm 

Dalam pengerjaan suatu proyek bangunan, kadangkala sering kita temukan gambar dengan label Shop Drawing dan As Built Drawing, yang kalau kita amati terlihat sekilas tidak ada perbedaan dan hampir mirip. Sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan meskipun terlihat hampir sama.

1. Dari yang membuat
Gambar Shop Drawing dibuat oleh perencana/desainer bangunan yang dibangun, baik itu perorangan ataupun perusahaan/biro gambar. Gambar-gambar yang tersaji dalam 1 bendel/jilid-an, kadangkala disertai dengan soft copy (gambar dengan program tertentu).
sedangkan gambar As Built Drawing dibuat oleh kontraktor/pelaksana pembuat bangunan, juga bisa perorangan ataupun perusahaan kontraktor bangunan.

2. Dari isi yang disajikan
Gambar Shop Drawing adalah gambar detail dan menyeluruh dari bangunan yang akan dibangun (gambar panduan pelaksanaan)  dengan tujuan bangunan yang akan dibangun akan sama/sesuai dengan maksud daripada perencana/disainer.

Sedangkan gambar As Built Drawing adalah gambar  koreksi, perbaikan, revisi, dari gambar pelaksanaan yang ada, dikarenakan adanya permasalahan di proyek pada saat bangunan dikerjakan. Juga menerangkan pihak mana saja yang ikut mengerjakan proyek yang dibangun, seperti : sub kontraktor-sub kontraktor, supplier-supplier, dll yang andil dalam pembangunan proyek.

3. Kapan dibuat nya?
Gambar Shop Drawing dibuat/diserahkan pada awal/sebelum proyek dilaksanakan dan biasanya juga dapat dipakai sebagai dokumen lelang/tender, sedangkan gambar As Built Drawing di buat, lebih tepatnya diserahkan pada akhir proyek bangunan.

Kesimpulanya : shop drawing adalah gambar sebelum sebuah proyek dikerjakan,sedangkan built drawing adalah gambar yang dibuat setelah proses pengerjaan selesai ketika terjadi perbedaan dengan gambar aslinya alias gambar shop drawing tadi.

Ternyata pengertian diatas adalah pengertian yang kurang tepat bahkan cenderung salah,maklum saya lagi belajar yang lebih tepat dan saya mendapatkanya setelah menerima beberapa komentar dari rekan rekan saya yang setelah saya kumpulkan menjadi pengertian seperti ini :

Shop Drawing atau working drawing dikerjakan oleh kontraktor untuk mendetailkan gambar arsitek agar sesuai dengan spek -spek/bahan yang ada dilapangan yang mau dipakai dalam proyek, atau menjelaskan apakah persepsi arsitek dan pelaksana sama dalam intrepetasi gambar, so yang pertama DED atau design engineering drawing (Perencana), kedua Shop Drawing (Kontraktor) & Ketiga Asbuilt Drawing (Kontraktor) yang merupakan kumpulan dari Shop Drawing yang telah sesuai dengan lapangan dan telah ditata rapi. 

tentu rekan rekan punya pandangan lain silahkan tambahkan dibawah postingan ini demi kebenaran dan pengetahuan bagi saya dan orang lain

bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.