Home » » Cara Insert File PDF ke dalam AutoCAD.

Cara Insert File PDF ke dalam AutoCAD.

Cara Insert File PDF ke dalam AutoCAD.

Banyak sekali ragam cara untuk memasukan file kedalam area gambar dalam autoCAD misalnya file dengan format .jpeg,Acis File dan tentu salah satunya adalah file dengan format PDF.

Apa itu file PDF dan bagaimana membuatnya?

Dokumen atau file PDF telah menjadi standar dunia sebagai dokumen elektronik (digital). Kita boleh membuat dokumen asal dengan memakai Word atau Excel terlebih dahulu. Biasanya dokumen asal tersebut kita beri format, layout, grafik, font serta gambar tertentu, bukan? Setelah dokumen asal yang kita buat tersebut sudah sempurna, maka kita dapat mengkonversi file tersebut yang tadinya ber-extension .doc atau .xls ke .pdf. Bila file PDF ini anda kirim ke orang lain, maka orang lain akan membaca/melihat dokumen tersebut seperti apa yang anda lihat atau buat terdahulu di Word maupun Excel. Sekali lagi anda tidak perlu kuatir, sepanjang file tersebut sudah dikonversi ke pdf maka format, layout dan lain-lainnya dari dokumen asal sudah final/tetap (tidak berubah lagi).


Lalu apa kaitanya dengan tutorial autoCAD kali ini tentang memasukan file PDF ke dalam AutoCAD,begini ceritanya : terkadang kita mesti memberikan annotation atau penjelasan yang penjelasan itu kita dapatkan dari internet dengan bentuk filenya pdf,nah dari pada susah susah kita ngetik ulang gitu lho…atau kita mendapat gambar logo yang di save dengan format file pdf,memang sich banyak software yang bisa konversi ke autocad tapi dengan tutorial ini mudah2an kita tidak perlu repot2 lagi menggunakan software conventer lagi.

Nah begini cara memasukan file pdf ke dalam layar kerja autoCAD ;
  • Klik insert pada menu bar.
  • Pilih PDF Underlayer atau  ketik pdfattach pada kolom perintah.
  • Pilih obyek / file pdf yang akan di insert.
  • Klik open
  • Tentukan titik sebagai titik pertama.
  • Ok / Enter.
Ini ringkasan perintahnya dalam windows command di autoCAD :
Command: _pdfattach
Specify insertion point:
Base image size: Width: 16.5354, Height: 11.6929, Millimeters
Specify scale factor or [Unit] <1>:

Nah selesai sudah,mudahkan sebenarnya….? Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara memasukan file PDF ke dalam AutoCAD,semoga bermanfaat..

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:56 PM

1 comments:

  1. keren.. akhirnya punya rekan kerja yg juga blogger. oh iya nanya, ada ngga cara menghitung berat benda kerja dan uji kekuatan material menggunakan AutoCAD

    ReplyDelete

RECENT POST