Home » » Perbedaan AutoCAD Vs AutoCAD LT

Perbedaan AutoCAD Vs AutoCAD LT

Perbedaan AutoCAD Vs AutoCAD LT.

AutoCAD LT akhir-akhir ini menjadi primadona karena harganya yang jauh lebih rendah dari AutoCAD. Terutama karena sepak terjang BSA yang rajin ‘mengunjungi’ perusahaan-perusahaan untuk legalisasi, harga sekian tentu sangat menarik. Apalagi AutoCAD LT disebut-sebut sebagai ‘AutoCAD tanpa fitur 3D’.

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena fungsi AutoCAD yang dipangkas tidak hanya 3D. Lalu apa bedanya AutoCAD dan AutoCAD LT?

Pada dasarnya anda dapat membaca perbandingannya pada release comparison matrix yang dikeluarkan Autodesk. Namun anda harus mencarinya untuk release yang sesuai. Silahkan coba cari di Google. Dulu, di AutoCAD LT 2006, anda tidak dapat membuat dynamic block. Namun di versi 2008, hal ini bisa dilakukan. Jadi matrix ini tidak dapat dijadikan patokan untuk semua versi.


Tidak semua fitur di comparison matrix itu disebutkan. Ada beberapa fitur yang tidak ada, namun tidak disebutkan. Namun secara garis besar, AutoCAD LT tidak memiliki fitur 3D dan automatisasi (VBA, AutoLISP). Hal ini bisa merembet ke express tools, yang dibuat dengan kumpulan command AutoLISP. Lalu tidak ada text field… Sheet set manager… dan berbagai tools automatisasi lain.

Lalu bagaimana anda bisa memutuskan apakah AutoCAD LT layak dipakai atau tidak? Jika anda bisa melupakan 3D modeling dan VBA/AutoLISP… anda masih bisa mempertimbangkannya dengan pertimbangan berikut…

Jika selama ini anda selalu menggunakan AutoCAD, ada baiknya anda meminta CD trial dan mencobanya terlebih dahulu. Seringkali objek yang dibuat dengan fitur automatisasi AutoCAD akan menyebabkan error di AutoCAD LT. Jika hal ini terjadi, pikirkan kemungkinan bahwa anda akan harus melakukan redraw semua library dan template anda untuk menghindari masalah. Objek-objek tersebut tidak hanya tidak dapat digunakan dan dilihat di AutoCAD LT, namun file DWG-nya dapat dianggap corrupt. Fatal error akan sangat mungkin sering terjadi.

Jika anda tidak pernah menggunakan fitur automatisasi AutoCAD, hanya garis, arc, pattern, dan objek geometri lain saja… kemungkinan besar anda tidak akan mengalami masalah. Namun tetap saja, pastikan semua berjalan lancar dengan menggunakan versi trialnya terlebih dulu.

Bagaimanapun, menggunakan AutoCAD LT jika anda sering menerima file dari perusahaan lain (outsource ataupun partner) mungkin bukan langkah bijaksana. Hal ini bisa menurunkan produktifitas karena AutoCAD dan AutoCAD LT tidak 100% kompatibel. Kecuali… anda dan partner anda dulu menggunakan AutoCAD seperti menggunakan AutoCAD LT.

Source : Tentang CAD
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:36 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST