Home » » Mengenal Jenis –Jenis Garis Dalam dunia Gambar.

Mengenal Jenis –Jenis Garis Dalam dunia Gambar.


Mengenal Jenis –Jenis Garis Dalam dunia Gambar.

Dalam dunia drawing,baik itu drawing sipil maupun engineering kita pasti dihadapkan dengan yang namanya garis,banyak sekali jenis jenis garis dan bentuk bentuk garis yang dalam bahasa drawing disebut line.

Garis merupakan element pokok dalam terciptanya sebuah gambar untuk itu diperlukan pengetahuan khusus agar gambar/drawing yang kita ciptakan dapat terbaca dengan baik dan benar serta dapat dipergunakan sesuai tujuan gambar tersebut dibuat,bisa dibayangkan apabila gambar yang kita buat tidak dapat diterjemahkan dengan benar hanya lantaran tidak jelasnya perbedaan antara jenis garis nyata dengan garis tidak nyata atau jenis jenis garis yang lainya.

Menyadari akan pentingnya pengertian dan pemahaman terhadap jenis jenis dan bentuk garis inilah saya merasa perlu untuk menuiskan tulisan ini agar kiranya dapat dimanfaatan dengan baik dan benar oleh pihak yang mendesain gambar maupun pihak yang akan menerjemahkan gambar itu sendiri.
Dalam dunia gambar jenis jenis garis terbagi menurut tebal tipisnya garis terbagi menjadi dua macam yakni :

  • Garis tebal.  
  • Garis tipis.   


Kedua jenis garis ini mempunyai perbandingan  1 : 0,5 yakni 1 untuk garis tebal sedangkan 0.5 untuk perbandingan garis tipis,tebal garis dipilih berdasarkan besar dan kecilnya ukuran gambar dan ditentukan berdasarkan urutan sbb : 0.18,0.25,0.35,0.5,0.7,0.1,1.4 dan 2mm.

Karena sering terjadi kesulitan yang terjadi pada saat proses reproduksi tertentu penggunaan garis tebal 0.18mmsebaiknya dihindari,sementara pada umunya garis tebal menggunakan 0.5 atau 0.7mm,sedangkan untuk garis arsir ini tidak boleh lebih tebal 3x dari garis tebal.

Contoh :

Jika garis tepi adalah memiliki ketebalan 0.5mm
Garis tidak nyata = 0.25mm
Garis arsir = 0.01 – 0.15.

Nah demikian dulu uraian singkat mengenai jenis jenis garis dalam dunia gambar,penggunaan garis garis ini tidak saja ketika kita menggunakan software software gambar misalnya autoCAD,Solidwork,Autodesk Inventor maupun software drawing yang lain bahkan menggambar manual pun menggunakan pedoman pedoman ini untuk jenis jenis garis dalam mendesain gambarnya,selanjutnya akan saya coba share tentang macam macam bentuk garis dan kegunaanya dalam autoCAD.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:21 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST