Home » » Render Destination Dalam AutoCAD.

Render Destination Dalam AutoCAD.


Render Destination Dalam AutoCAD.

Setelah sebelumnya saya menceritakan tentang perintah render dalam autoCAD,sekarang lanjutan dari tutorial tersebut yakni tentang render destination,atau dalam bahasa indonesianya tujuan / tempat dimana kita akan meletakan hasil render.

Lebih jelasnya pengertian render destination adalah suatu tool/perintah yang berfungsi untuk menentukan arah tujuan serta penempatan file hasil render yang akan kita buat,dengan kata lain kita menentukan metode apa yang akan kita gunakan untuk menyimpan hasil rendering yang akan kita buat.

Render destination dalam sebuah proses menggunakan autoCAD ada dua tujuan destination :
  • Window = dengan menggunakan metode window destination ini kita akan mendapatkan hasil proses rendering yang kita buat akan berada pada window atau layar baru seperti layaknya kita akan membuat sebuah file baru.
  • Vieport = menentukan destination dengan metode viewport ini berarti kita akan mendapatkan hasil render yang telah kita buat dari proses rendering berada di tempat yang sama alias di tempat gambar itu berada,jadi dengan kata lain menggunakan metode viewport ini kita tidak berpindah melainkan masih di workspace yang ada.
Jadi perbedaan mendasar dari kedua metode diatas bukan pada hasi renderingnya melainkan penempatan hasil proses renderingnya,kalau kita menggunakan metode window destination berarti kita akan mendapatkan hasil rendering kita berbeda dengan tempat pertama obyek kita render,sementara apabila kita menggunakan metode viewport destinantion berarti kita akan mendapatkan hasil rendering kita masih ditempat yang sama.

Nah,setelah mengetahui tujuan penempatan hasil render seperti tersebut diatas,sekarang saatnya kita coba mengulas cara cara melakukan render dengan menentukan destinationya :

1.Buatlah gambar 3D solid yang akan kita render.
http://letsbegins.blogspot.com/
Render Destination Dalam AutoCAD

2.Klik view pada menu bar,pilih render kemudian klik advanced render settings.
3.Atau ketik RPREF pada kolom perintah.
4.Setelah mucul advanced render setting box pilij kolom destination.
http://letsbegins.blogspot.com/
Render Destination Dalam AutoCAD


5.Tentukan metode destination yang kita tuju dengan cara mengklik scroll sebelah kanan.
6.Setelah proses diatas selesai maka kita bisa melihat hasilnya dengan melakukan proses render ( lihat rendering dalam autoCAD ).


Sekarang bisa dilihat perbedaan hasil dari kedua metode diatas yakni metode window dan metode viewport destination.

metode Window destination.
http://letsbegins.blogspot.com/
Render Destination Dalam AutoCAD ( metode window )




metode Viewport Destination.
http://letsbegins.blogspot.com/
Render Destination Dalam AutoCAD ( metode Viewport )
 

Demikian sekilas tentang render destination dalam autoCAD semoga dengan tutorial ini dapat bermanfaat bagi rekan rekan semua.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 7:38 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST