Home » » Cara Jitu Menggunakan Object Snap dalam AutoCAD.

Cara Jitu Menggunakan Object Snap dalam AutoCAD.


Cara Jitu Menggunakan Object Snap dalam AutoCAD.

Object snap memang sangat penting dalam proses menggambar menggunakan autoCAD,hanya saja kita sering merasa kebingungan ketika dihadapkan pada kasus ketika object snap tidak berfungsi seperti biasa atau ketika kita akan mengeluarkan object snap itu sendiri,nah kali ini saya ingin berbagi kisah cara jitu menggunakan onject snap,selai juga cara mengeluarkan tool object snap itu sendiri.

Untuk Mengaktifkan objek snap ada dua cara :
1. Secara tidak permanen
Untuk memanggil objek snap tidak permanen bisa dilakukan dengan cara tekan Shift bersama dengan klik kanan pada mouse. setelah muncul shurtcut area gambar, pilih fasilitas yang anda perlukan
2. Secara permanen 
Apabila anda ingin mengaktifkan semua fasilitas objek snap yang ada pada autocad secara permanen, anda dapat melakukan dengan cara sebagai berikut :
a. Pilih menu Tool pilih Drafting Setting
b. Setelah muncul kotak dialog Drafting Settings, pilih tab Object Snap > klik tombol Select All.
c. Klik Ok bila sudah selesai (untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Object snap yang sudah disisipkan, gunakan tombol F3
Setelah diaktifkan kita perlu mengetahui Varian objek snap autoCad, fasilitas objek snap pada autocad cukup banyak macam-macamnya berikut beberapa onject snap yang populer di pergunakan dalam autoCAD :


A. EndPoint
Merupakan fasilitas untuk menangkap titik ujung suatu objek, seperti garis, busur/ lengkungan, maupun ujung objek yang bersudut, seperti kotak, segitiga, dan sebagainya
B. MidPoint
Merupakan fasilitas untuk menangkap titik tengah suatu objek, seperti garis lurus, busur serta objek lain
C. Intersection
Merupakan fasilitas bantu untuk menangkap titik perpotongan antara dua objek atau lebih. fasilitas ini tidak dapat menangkap perpotongan objek yang berjenis block, text, maupun 3D.
D. Perpendicular
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menangkap titik tegak lurus terhadap suatu objek yang akan dilalui (dituju)
E. Nearest
Berfungsi mendeteksi titik terdekat dari suatu objek terhadap objek yang lain, tetapi tidak berada di ujung, titik tengah, maupun semua jenis yang telah disebutkan diatas.
Semoga bermanfaat dan terus rajinlah belajar juga latihan….


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:39 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST