Home » » Command Alias dalam AutoCAD.

Command Alias dalam AutoCAD.


Command Alias dalam AutoCAD.

Command alias dalam autoCAD memang menyimpan banyak meisteri dari misteri keuntunganya maupun misteri terjadinya salah perintah dalam penggunaan autoCAD,mengapa bisa demikian…? Dan bagaimana cara setting atu penggunaan command alias ini agar tidak terjadi konflik perintah ( command ) dalam ketika akan menggunakan autoCAd tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk pembahsan Command alias dan cara settingnya,alangkah lebih baik kita cari tahu dulu apa yang dimaksud dengan command alias dalam autocad tersebut,command alias adalah sebuah sarana yang disediakan autoCAD untuk penggunanya yang ingin menggunakan kode kode atau rumus rumus tertentu untuk menggantikan tool/perintah perintah yang telah disediakan oleh autoCAD.

Contoh : dalam autoCAD perintah Line bisa kita akses dengan cara mengetikan tulisan LINE atau L saja pda command line atau command windows selain menggunakan toolbar,nah apabila kita menggunakan command alias angka 1 misalnya maka kita tinggal mengetikan angka satu enter maka perintah line akan muncul dan siap dipergunakan.

Ini tentu sangat membantu dan lebih mempercepat proses menggambar,bayankan jika command atau perintah yang akan kita ketikan itu panjang misalnya SOLIDEDIT padahal kita bisa tinggal ketik 1,2.atau 3 saja sesuai command alias yang pernah kita buat dan save di autoCAD.


Lalu bagaimana cara merubah atau mensetting command alias di autoCAD itu..?

  • Buka program autoCAD,new file atau yang lainya.
  • Klik tool pada menu bar kemudian pilih customize dan klik edit program parameter ( acad.pgp )

http://www.autocad-tangerang.com/
Command Alias dalam AutoCAD.
  • Setelah itu akan muncul acad – notepad.
http://www.autocad-tangerang.com/
Command Alias dalam AutoCAD.
  • Nah disinilah kita bisa edit,rubah atau membikin baru sebuah perintah yang akan menggantikan perintah default yang disediakan autoCAD,jangan lupa back up  terlebih dahulu file tersebut sebelum di edit takut terjadi hal hal yang tidak di inginkan.
  • Close and save kemudian restart computer / laptop anda dan buka kembali maka perintah yang anda inginkan sudah bisa digunakan.
Mudah bukan mendapatkan autoCAD dengan perintah yang sesuai dengan keinginan kita,semoga command alias ini dapat memberi manfaat kepada rekan rekan semua tentang apa itu command alias dan bagaimana cara settingnya.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:07 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST