Home » » Membiasakan Penggunaan Template di AutoCAD.

Membiasakan Penggunaan Template di AutoCAD.


Membiasakan Penggunaan Template di AutoCAD.

 template jarang sekali digunakan, di AutoCAD, orang lebih suka menggunakan insert block, atau drag and drop dari Design Center (tapi jarang saya lihat) dan bahkan dari file yang sudah jadi… dihapus yang tidak perlu, lalu di save as! Ini adalah cara kerja yang kurang bagus menurut saya. 

Seringkali dengan mengikuti pola kerja seperti ini mengakibatkan file menjadi corrupt. Hal ini tidak hanya bagi pengguna AutoCAD, tapi juga pengguna aplikasi lainnya. Di aplikasi Autodesk, semua menggunakan template. Di Bentley MicroStation, kita akan mengenal seed file. Sama saja, hanya beda istilah. Kalau sudah menggunakan aplikasi vertikal (meminjam istilah Autodesk) kita akan lebih menghargai template ini.

Kenapa menggunakan template? Template pada dasarnya file drawing juga.Pendeknya begini… kalau saya menggambar dari sketch, saya akan selalu membuat standar-standar seperti style (baik teks, dimension, multileader, atau lainnya), layer-layer (atau level di MicroStation) dan propertinya, lalu mungkin juga layout yang juga dilengkapi border, dll. Hal ini tentunya tidak praktis kalau saya ulang setiap kali membuat gambar baru. Selain itu, standar saya belum tentu akan sama antara gambar satu dengan lainnya.


Karena itulah saya membuat template. Saya cukup buat satu kali file baru, saya tetapkan standar style, layer, dan layout saya. Lalu saya simpan sebagai titik awal pekerjaan saya. Hanya saja file ini saya simpan sebagai DWT atau jenis file template lain.

Jadi kalau tanpa template saya harus mulai dari A, B, C, D… sampai Z… dengan template saya mungkin bisa mulai langsung dari F, G, H, … sampai Z.

Merupakan ide yang bagus kalau template diletakkan pada satu folder network, sehingga dapat digunakan bersama-sama oleh rekan satu tim. Dan jangan lupa untuk mengganti pada option, file yang dijadikan template kalau kita membuka AutoCAD. Dan juga untuk QNEW.

Sumber : Tentang CAD

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:10 PM

1 comments:

RECENT POST