Home » » Memunculkan dan Menghilangkan Angka Nol Pada Dimensi AutoCAD.

Memunculkan dan Menghilangkan Angka Nol Pada Dimensi AutoCAD.


Memunculkan dan Menghilangkan Angka Nol Pada Dimensi AutoCAD.
http://www.autocad-tangerang.com/
Memunculkan dan Menghilangkan Angka Nol Pada Dimensi AutoCAD.

Sebuah dimension atau keterangan yang berisi ukuran ukuran mengenai panjang sebuah segmen garis atau nilai radius dan juga diameter sebuah arc / lingkaran seringkali memunculkan angka angka yang menggunakan tanda koma sebagai pecahanya misalnya R0.5 dsb.

Pemunculan dan penghilangan angka nol baik sebelum maupun setelah tanda koma ini memiliki maksud dan rumusan tersendiri,dan kita sebagai pengguna autoCAD seharusnya mengetahui dan mempraktekan kaidah kaidah tersebut agar tidak terjadi kesalahan pemahaman dan juga perbedaan pendapat mengenai ukuran yang sesungguhanya.

Contoh :
Ketika kita menampilkan sebuah ukuran panjang 0.5mm karena kita tidak mengetahui bagaimana cara menampilkan angka nol sebelum koma maka yang muncul adalah .5mm ini tentu sangat menggangu dan riskan terjadi kesalah pahaman dalam membaca dimension tersebut,untuk itu berikut ini saya akan coba ulas bagaimana cara memunculkan dan juga menghilangkan angka nol baik sebelum maupun sesudah tanda koma menggunakan autoCAD.

Angka nol yang terletak didepan atau dibelakang koma dapat dihilangkan dengan mengaktifkan leading dan trailing pada dimension style ( zero suprresion) pada tab Primary Units.
  • Jika suprres leading zeros aktif maka angka 0.500 akan dituliskan menjadi.500.
  • Jika suprres trailing zeros aktif maka 0.500 akan angka dituliskan menjadi 0.5.
  • Apabila keduanya diaktifkan maka 0.5000 akan ditulisan menjadi .5 dan 0.0000 ditulis menjadi 0.

Cara diatas sebenarnya sudah pernah saya bahas pada postingan postingan terdahulu mengenai cara setting dimension style dalamautoCAD,dan masih banyak lagi tentang tutorial dimension autocad yang lain silahkan anda buka kembali dengan cara mencari lewat daftar isi atau melalui kolom pencarian pada blog autoCAD tangerang ini semoga menjadikan lebih komplit dan bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:47 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST