Home » » Menggunakan Startup Dialog dalam AutoCAD.

Menggunakan Startup Dialog dalam AutoCAD.


Menggunakan Startup Dialog dalam AutoCAD.

Setiap software ketika baru saja dibuka atau akan membuat file baru pasti akan menunjukan startup dialog box,begitu juga dengan software autoCAD dimana kita akan diberi pilihan file baru apa yang akan kita buat,atau sekedar membuka file yang telah kita buat sebelumnya guna editing maupun plotting.

Startup dialog di autoCAD telah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan perkembangan release dari autoCAD itu sendiri,dulu era tahun sebelum autoCAD 2007 tepatnya saya lupa mungkin era tahun 2002 sampai 2005 autoCAD masih menggunakan startup dialog yang klasik,tetapi sekarang kita akan disuguhkan bentuk startup dialog yang berbeda.

Startup dialog box klasik.
http://www.autocad-tangerang.com/
Menggunakan Startup Dialog dalam AutoCAD.

Startup dialog box sekarang.
http://www.autocad-tangerang.com/
Menggunakan Startup Dialog dalam AutoCAD.

Dari kedua model startup dialog box itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing,tetapi saya tidak akan menggurui rekan rekan semua untuk membahas kelebihan dan kekurangan masing masing startup dialog box tersebut,secara pribadi saya cenderung menyukai tampilan startup dialog box yang klasik.

Salah satu alasan saya memilih startup dialog box yang klasik adalah Di dialog ini kita dapat membuat file baru dengan menggunakan template yang didefenisikan. Tidak ‘menjebak’ seperti file baru yang otomatis terbuka seperti sekarang,ups maaf jika alasan saya terlalu bodoh,tetapi saya merasa nyaman menggunakan startup dialog box klasik.
Banyak user pemula yang tidak tahu dia menggunakan standard imperial/metric. Dan mungkin akan mengalami masalah saat mengubah linetype scale, skala hatch, dan saat insert objek dari gambar lain. Dengan startup dialog box klasik sedikit banyak membantu hal ini.
Lalu muncul pertanyaan bagaimana kita memunculkan startup dialog box klasik padahal kita menggunakan autoCAD release tahun tahun sekarang…?
Jawabanya ikuti tutorial ini :
Command: startup
Enter new value for STARTUP <0>: 1
Kemudian coba praktekan seolah olah anda ingin membuat file baru maka yang terjadi adalah startup dialog box anda berubah jadi klasik..hahahaha
Dan apabila anda ingin menggunakan startup dialog box masa kini ikuti tutorial ini :
Command: startup
Enter new value for STARTUP <0>: 0
Maka yang terjadi adalah autoCAD anda kembali rusak..upss maksud saya kembali ke tahun yang masa kini…



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:22 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST