Home » » PENGATURAN FORMAT DIMENSION AUTOCAD.

PENGATURAN FORMAT DIMENSION AUTOCAD.


PENGATURAN FORMAT DIMENSION AUTOCAD. 

                              
Dimension style disebut juga pengaturan format ukuran perlu diperhatikan dengan baik sebelum pencantuman ukuran gambar dilakukan. Hal ini disebabkan karena satuan ukuran gambar utama (primary units) maupun satuan ukuran gambar alternatif ( alternate units) perlu diatur terlebih dahulu. Pengaturan format ukuran dapat dilakukan melalui menu format kemudian pilih dimension style atau dapat juga melalui tombol icon atau diletikan langsung pada command prompt dengan perintah dimstyle.

Command : dimstyle

Dialog box akan tampil sebagai berikut : 
Format pengukuran iso- 25 merupakan default dimension style dari AutoCAD 2000. Bila menginginkan membuat dimension style yang lainnya pilih/tekan New sehingga dialog box Create New Dimension Style muncul pada layar. 

 Dimension style dapat diberi nama sendiri pada tab new style name sehingga format yang baru memiliki nama sendiri. Hal ini sangat menguntungkan karena default dimension style ( ISO -  25) tidak berubah, yang diubah dan diberi nama baru hanyalah duplikat ( copy) dari ISO –25saja.
 Pada dialog box dimension style terdapat beberapa pilihan (tabs) untuk mengubah format pengukuran antara lain :
  • Lines and arrow  :Format garis ukuran ( dimension lines),garis ekstensi (ekastension lines), kepala panah ( arrowheads), dan tanda senter/pusat (center mark). 
  • Text: Mengatur tampilan teks, penulisan dan penempatan/ posisi teks. 
  • Fit: AutoCAD akan menempatkan teks diantara kedua garis ekstensi,akan tetapi apabila ditemui jarak antara garis ekstensi tersebut tidak cukup ruang untuk penulisan teksnya  maka penulisan penempatan teks dapat mengikuti aturan yang ditetapkan pada pilihan fit ini.
  •  Primary units    : Satuan utama yang digunakan sebagai konversi dari satuan gambar (unit drawing). Format unit dan banyakny angka dibelakang koma (point) disamping prefix dan suffix serta faktor skala dapat diatur di tab ini. 
  •  Alternate units : Merupakan satuan alternatif (kedua) yang bila diperlukan dapat ditampilkan sebagai pendamping dari satuan utama.
  • Tolerance :Mengatur cara penulisan dan penempatan angka besarnya toleransi yang dipandang perlu untuk dicantumkan pada gambar. Jenis toleransi yang tersedia antara lain: toleransi simetris ( symmetrical), deviasi(deviation), limits.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:17 PM

2 comments:

  1. Follback gan.. tentang tutorial autocad
    1. http://rifanaldy.blogspot.com
    2. http://rifanaldy-autocada.blogspot.com/p/blog-page_20.html
    3. http://rifanaldy-autocadb.blogspot.com/p/daftar-abjad_19.html
    akan terus di update, berkunjung ya gan.. ^_^

    ReplyDelete
  2. rifan pinau = sorry telat...tp follback done..thanks

    ReplyDelete

RECENT POST