Home » » Perbedaan Satuan Metric dengan Satuan Imperial di AutoCAD.

Perbedaan Satuan Metric dengan Satuan Imperial di AutoCAD.


Perbedaan Satuan Metric dengan Satuan Imperial di AutoCAD.
Satuan ukuran yang selama ini dipakai pada software AutoCad adalah satuan Metric dan satuan ukuran Imperial, kedua satuan inilah yang dipakai di dunia saat ini dan dipakai untuk standarisasi satuan jarak, massa, waktu, suhu, arus listrik, Intensitas cahaya dan yang lainnya disetiap negaranya masing-masing.

Satuan Metric adalah satuan ukuran yang dipakai dihampir semua negara dan dikenal dengan satuan SI (Standard Internasional) yaitu satuan ukuran mm, cm, gram, Kg dan lain sebagainya, sedangkan Imperial merupakan satuan yang masih dipakai hingga kini yaitu di Amerika Serikat, Liberia dan Myanmar. Adapun satuan yang digunakan Imperial meliputi ; Inch, Feet dan lainnya (Ukuran jarak).


Kembali ke pokok bahasan, secara default ketika kita menjalankan Autocad untuk pertama kali maka kita akan berada dalam satuan ukuran Imperial (from USA) ini artinya apabila kita ingin menggunakan satuan Metrik maka kita harus berada di layar kerja gambar dalam satuan Metric.
Hal yang menarik adalah dimana kita selalu salah kaprah dalam menerapkan satuan yang dipakai. Untuk mengetahui dimanakah atau satuan ukuran apa yang sedang dipakai yaitu kita bisa menggunakan perintah LIMITS.
Command : LIMITS

Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] [0.0000,0.0000] : Enter
Specify upper right corner [12.0000,9.0000] :


Dari sini kita bisa lihat bahwa ukuran yang dipakai yaitu menggunakan Imperial (Inch).
Sedangkan untuk ukuran dengan menggunakan satuan Metric akan muncul seperti tertera di bawah :
Command: LIMITS

Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] [0.0000,0.0000] : Enter
Specify upper right corner [420.0000,297.0000] :


Apabila layar kerja Autocad anda ingin berada dalam satuan Metric setiap kali dijalankan kita bisa memberikan perintah MEASUREINIT. Nilai 0 artinya satuan yang dipakai adalah Imperial dan nilai 1 satuan yang dipakai adalah Metric. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Command: MEASUREINIT

Enter new value for MEASUREINIT <0>: 1

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:59 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST