Home » » Cara Menyimpan Gambar dari Coreldraw ke dalam AutoCAD.

Cara Menyimpan Gambar dari Coreldraw ke dalam AutoCAD.


Cara Menyimpan Gambar dari Coreldraw ke dalam AutoCAD.

Cara menyimpan file yang kita buat dari Coreldraw kedalam AutoCAD sebenarnya tidak sulit,tetapi kita musti tahu dulu untuk apa keperluan dan kegunaan kita memindahkan file gambar dari coreldraw kedalam autoCAD itu sendiri seperti contoh pengalaman yang baru saya rasakan beberapa hari ini.

Beberapa hari yang lalu saya diperintahkan oleh atasan saya untuk mengedit beberapa gambar produk yang berformat JPEG,kemudian harus di sajikan kedalam file dengan format .dwg, awalnya saya sempat bingung karena seperti kita ketahui sebuah gambar dengan format JPEG alias foro itu tentu kurang atau bisa dikatakan tidak memiliki tingkat presisi yang bisa dijadikan acuan untuk pembuatan produk.

Setelah lama saya coba pikirkan bagaimana caranya maka munculah ide membuat sketch ulang berdasarkan gambar yang berformat JPEG tersebut menggunakan coreldraw,karena setelah saya pastikan kegunaan dari gambar yang akan dibuat itu bukan untuk acuan pembuatan produk tetapi hanya untuk visualisasi ketika melakukan registrasi merk dagang,ini sedikit melegakan saya karena menggambar dengan corel berdasarkan foto tentu tidak presisi dan akurat.


Proses menggambar menggunakan coreldraw pun saya lakukan,mulai dari membuat line,arc,ellipse dsb,tapi proses yang saya lakukan ini tak ubahnya seperti pada zaman SD dulu yang menduplikat sebuah gambar menggunakan minyak agar transparan,jadi kita tinggal bikin segmen garis,arc dsb hanya dengan mengikuti acuan garis dari gambar foto tersebut.

Benar saja tak ubahnya seperti menduplikat atau malah seperti melukis saja,garis yang gak lurus,arc yang tidak tau radiusnya berapa,pokoknya dimensional yang tidak karu2an itupun akhirnya selesai dan tiba saat untuk memindahkan file yang telah saya buat dari corel tersebut kedalam autoCAD yakni dengan format.dwg

Setelah mencoba klik sana dan klik sini akhirnya saya menemukan cara untuk merubah cara menyimpan file dari coreldraw kedalam file autoCAD yakni dengan cara Save as atau export file.

Daaan

Jreeeeng saya bisa mendaptkan file autoCAD yang saya ambil dari gambar atau sketch yang mirip lukisan dari file coreldraw,hanya saja sekali lagi saya ingatkan,file sketch ini beda dengan apabila kita membuat sketch dari autoCAD….

Cara ini asyik apabila kita ingin mendesain logo perusahaan,lambing club atau apa saja yang kebetulan kita hanya memiliki filenya dalam bentuk JPEG.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:31 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST