Home » » Membuat Layer dalam AutoCAD.

Membuat Layer dalam AutoCAD.


Membuat Layer dalam AutoCAD.

Membuat layer dalam autoCAD memang merupakan sebuah hal yang penting kalau tidak boleh dibilang merupakan suatu keharusan,bagi setiap pengguna autoCAD baik pemula maupun yang sudah mahir tentu sudah tahu apa yang dimaksud dengan layer dan fungsinya pada sebuah gambar autoCAD.( lihat postingan saya tentang mengenal layer dan fungsinya dalam autoCAD ).

Konsep layer yaitu sama halnya pada saat arsitek akan menggambar desainnya di sebuah kertas, Insinyur sipil akan meminjam gambar itu dan meletakkan kertas transparan di atasnya, dan menggambar strukturnya. Begitu pula insinyur ME, Ia akan menggambar di kertas transparan dengan meminjam dasar gambar sipil dan arsitektur, Mungkin akan ada pula desain interior yang melakukan hal serupa. Seluruh gambar itu jika ditumpuk akan jadi satu gambar yang lengkap. Namun kalau ingin melihat gambar arsitektur + interior saja, gambar struktur dan ME dapat dilepas. 

Fungsi Layer itulah yang dapat menggantikan kertas transparan karena layer dapat diaktifkan dan dinonaktifkan,sebelum memulai menggambar, kita membuat layer terlebih dahulu. Layer digunakan untuk memanage gambar agar memudahkan menggambar dalam jumlah yang banyak komponennya, sehingga akan mudah membedakan antara komponen yang satu dengan yang lainnya,Dengan mengelompokkan benda ke layer, Kita dapat mengontrol tampilan mereka dan membuat perubahan cepat dan efisien,dengan Jumlah layer Kita dapat menciptakan dalam gambar dan jumlah benda Kita dapat membuat per layer yang hampir tak terbatas.

Adapun cara membuat layer dalam autoCAD adalah sbb :

1.Tampilkan toolbar layer = Caranya klik kanan ruang kosong pada toolbar, lalu pilih ACAD, lalu pilih Layer. Maka akan muncul toolbar layer yang seperti gambar di bawah ini selanjutnya tempatkan toolbar layer di atas dengan cara drag toolbar layer ke atas.

2.klik layer properties manager.
Membuat Layer dalam AutoCAD.

3.Lalu akan muncul dialog box layer properties manager seperti gambar di bawah ini.
Membuat Layer dalam AutoCAD.

4.Klik tool new layer seperti gambar di bawah ini,
Membuat Layer dalam AutoCAD.

5.selanjutnya maka akan muncul layer 1yang berwarna biru. Ubahlah :

  • Name : Nama Layer, buat nama sesuai yang anda inginkan dan peruntukkannya
  • Colour : Warna garis, pilihlah warna bebas sesuai yang anda inginkan, warna ini tidak akan mempengaruhi hasil plot, pemilihan warna ini hanya akan membedakan garis pada saat melakukan penggambaran di workspace.
  • Linetype : Tipe Garis, ubahlah sesuai peruntukkannya seperti garis center pilih tipe center, garis putus-putus pilih tipe dashed.
  • Lineweight : Tebal garis, biarkan default, jangan di ubah
  • Plot Style : Ubah sesuai peruntukkannya dan sesuai yang telah di buat pada tutorial membuat plot style.

6.Di bawah ini adalah contoh layer yang telah jadi.
Membuat Layer dalam AutoCAD.


Dari cara membuat layer dalam autoCAD seperti diatas masih banyak yang masih perlu di bahas secara mendetail mulai dari penamaan,on / off layer,freeze layer dsb,secara berurutan saya akan coba ulas tutorialnya satu persatu dengan urutan sbb :
  • Name Layer.
  • On / off layer.
  • Freeze layer.
  • Lock / unlock layer.
  • Color layer.
  • Linetype layer.
  • Lineweight layer.
See You again!!!
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:23 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST