Home » » Mengenal Layer dan Fungsi Layer dalam AutoCAD.

Mengenal Layer dan Fungsi Layer dalam AutoCAD.


Mengenal Layer dan Fungsi Layer dalam AutoCAD.

Bagi sebagian besar pengguna autoCAD tentu sudah mengerti tentang layer,tetapi masih banyak juga yang belum mengaplikasikan dalam proses menggambar,ini bisa terjadi karena si pengguna autoCAD tersebut kurang mengenal apa arti dari layer dan juga fungsi layer itu sendiri.

Layer dalam AutoCad digolongkan sebagai propertis obyek, karena lewat piranti layer ini kita bisa mengatur warna, jenis dan tebal garis suatu obyek,Layer digunakan untuk menempatkan gambar atau objek. Fitur layer sangat berguna jika Anda membuat gambar yang kompleks. Sebagai contoh jika anda ingin membuat gambar dari sebuah bangunan maka Anda dapat memisah-misahkan bagian-bagian dari gambar bangunan tersebut menjadi beberapa layer dan Anda pun bisa meng-akifkan ataupun men-nonaktifkan layer tersebut sehingga Anda bisa berkonsentrasi pada satu layer yang berisi objek tertentu. 
http://www.autocad-tangerang.com/
Mengenal Layer dan Fungsi Layer dalam AutoCAD.

Adapun bebarapa fungsi dari penggunaan layer adalah sbb :
  • Layer membantu  memanajemen line  pada gambar auto cad.
  • Memudahkan drafter ketika mau mengcopy line tertentu.
  • Penggunaan layer bisa memperindah estetika gambar 2D.
  • Jika gambar kita sudah terlalu banyak dan terlihat rumit, layer yang terasa mengganggu bisa dimatikan   jika kita mau fokus pada layer tertentu.
  • Apabila gambar autocad sudah banyak, maka kinerja computer pun akan lebih berat. Dengan mematikan beberapa layer bisa lebih meringankan kinerja computer.
  • Memudahkan pengguna autoCAD ketika hendak mengedit atau menghapus salah satu dari nama layer tersebut.
  • Tidak menggambar selalu pada layer 0.
Demikian pengertian singkat tentang layer dan juga fungsi fungsi dari penggunaan layer tersebut dalam autoCAD,adapun tutorial cara menggunakan layer akan saya bahas pada tutorial berikutnya dengan judul membuat layers dalam AutoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:41 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST