Home » » Pengertian UCS di dalam AutoCAD.

Pengertian UCS di dalam AutoCAD.


Pengertian UCS di dalam AutoCAD.

Bagi pengguna AutoCAD tentu tidak asing mendengar kata kata UCS,walaupun tidak sedikit pula yang tidak tahu dan kurang paham apa yang dimaksud dengan UCS itu sendiri,seperti saya sendiri meskipun sering menggunakan UCS tetapi saya juga kurang faham secara detail pengertian UCS tersebut.

Setelah melakukan pencarian menggunakan jasa mbah google di padukan dari pengertian menurut saya pribadi berdasarkan pengalaman yang sering saya kerjakan,baiklah sebelum kita melanjutkan tutorial yang lain tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian UCS itu sendiri :
UCS adalah User Coordinat System atau sistem koordinat pengguna, dan membantu anda dalam mengatur titik origin (0,0,0) serta arah orientasinya.


Untuk mengatur dan menerapkan sistem koordinat dalam 3D digunakan perintah UCS. Titik pusat dari UCS adalah titik 0,0,0 mempunyai sifat tidak permanen, yang berarti dapat diletakkan dimana saja.

Lalu apa saja bentuk dan jenis UCS tersebut didalam penggunaanya di AutoCAD :
  • UCS origin = Titik origin merupakan titik pusat koordinat ruang yang akan menentukan nilai koordinat sebuah titik. Dalam pembuatan objek 3D, pengguaan titik origin dapat membantu anda untuk menentukan nilai koordinat.
  • UCS 3Point = Selain titik origin, anda juga dapat menentukan titik orientasi UCS dengan menentukan 3 titik yang mewakili titik origin, sumbu X dan sumbu Y.
  • Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk UCS seperti : UCS View, UCS Object, UCS Face, UCS Z-Axis Vector dll.Tapi saya tidak akan menjelaskannya satu per-satu, karena penggunaan UCS barusan pada dasarnya sama saja dengan penggunaan UCS pada postingan saya kali ini, karena masih ada keterkaitanya.
    Semoga postingan ini bermanfaat.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:11 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST