Home » » 3 Cara Menampilkan dan Menghilangkan Command Line.

3 Cara Menampilkan dan Menghilangkan Command Line.


3 Cara Menampilkan dan Menghilangkan Command Line.
http://www.autocad-tangerang.com/
3 Cara Menampilkan dan Menghilangkan Command Line.

Command line atau dalam bahasa Indonesia kolom perintah tentu bagi pengguna autoCAD sudah tidak asing lagi,karena setiap menggunakan autoCAD akan secara langsung maupun tidak langsung,sadar atau tidak sering melihat dan membaca tulisan pada kolom perintah tersebut, hmmm sudah tau belum letak keberadaan command line disebelah mana..?

Sebelum memulai langkah langkah menghilangkan atau menampilkan command line sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan command line atau kolom perintah dan apa fungsi keberadaan kolom perintah tersebut.

Kolom perintah / command line adalah sebuah tool / feature dalam autoCAD yang berfungsi untuk menuliskan atau mengetikan perintah perintah,angka,dsb ketika sedang melaukan proses menggambar menggunakan autoCAD.


Setelah mengetahui pengertian command line / kolom perintah,maka yang perlu kita ketahui lagi adalah mengapa perlu menampilkan atau menghilangkan command line,dengan kata lain apa keuntungan dan kerugian dengan menampilkan atau menghilangkan command line,beberapa diantaranya adalah :
  • Ruang kerja gambar / drawing area jadi lebih luas karena tidak terpotong dengan adanya command line dibawah layer monitor.
  • Alat pendeteksi error command ; ketika command line aktif kita bisa melihat dan memperhatikan setiap perintah kita dan juga permintaan autoCAD yang sering disebut komunikasi dengan autoCAD, dengan adanya command line ini kita bisa mengetahui urutan perintah,bahkan kesalahan yang perintah yang tanpa sadar kita perbuat.
Adapun 3 cara menampilkan dan menghilangkan command line adalah sbb :

Cara pertama.
  • Klik tool pada menu bar.
  • Pilih command line.
  • Lihat kearah command line berada apakah masih ada atau memang sudah menghilang.
  • Ok.
Cara kedua.
  • Ketik commandlinehide kemudian enter untuk menghilangkan command line.
  • Ketika commandline kemudaian enter untuk menampilkan command line.
Cara ketiga.
Cara ketiga ini sangat simpel sekali dalam proses penggunaanya,Karena hanya membutuhkan beberapa detik aja,tetapi cara yang ketiga ini akan saya curahkan pada moment tips of the day : hide and unhide command line in autoCAD.

Demikian 3 cara menampilkan dan menghilangkan commanda line didalam autoCAD,atau lebih kondangnya hide and unhide command line in autoCAD,kalau ada yang masih kurang jelas bisa ditanyakan dengan komentar dibawah postingan ini,insya Allah saya akan berusaha menjawabnya semampu saya.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:42 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST