Home » » 4 Metode Mengunci Layer AutoCAD.

4 Metode Mengunci Layer AutoCAD.


4 Metode Mengunci Layer AutoCAD.

image by google
Sebelum memulai postingan tentang cara mengunci layer dalam autoCAD ini saya ingin mengingatkan rekan rekan semua yang sedang belajar autoCAD,baik yang secara otodidak ( sendiri ) maupun yang sedang belajar di tempat tempat kursus,untuk terus bersemangat,terus berlatih dan jangan lupa untuk terus berdo’a agar cita cita dan keinginan rekan rekan semua untuk menjadi seorang drafter autoCAD dapat terlaksana dikemudian hari…Amiiin

Semangat merupakan sebuah kata kunci yang dapat menjadikan kita mudah untuk belajar autoCAD,dan dengan semangat ini lah harapan kita untuk menjadi seorang yang bisa mengoperasikan program autoCAD dengan gaji tinggi dapat terwujud,seperti pada tutorial kali ini saya akan membagikan cara mengunci sebuah layer dalam autoCAD.

Mengunci layer dalam autoCAD adalah sebuah tool / perintah yang berfungsi untuk mengunci atau mempermanenkan sebuah layer sehingga ketika layer tersebut terkunci maka layer tersebut akan aman dari hal hal yang tidak di inginkan,seperti terhapus,edit,mapun yang lainya.

Untuk mengunci layer saya akan mencoba menjelaskan metode metode yang biasa saya pakai,metode metode mengunci layer ini juga bisa dipraktekan atau diterpakan pada saat mengaktif atau menon-aktifkanlayer,melakukan freeze pada layer dan masih perintah perintah layer lainya.

Adapun 4 metode melakukan penguncian layer pada autoCAD adalah sbb :
  1. Cara Pertama : cara pertama ini adalah cara yang paling sering orang pergunakan yakni dengan urutan perintah ( format → layer → klik tanda gembok pada layer properties manager ) lihat tutorial sebelumnya : on / off layer dalam autoCAD,atau freeze layer autoCAD.
  2. Cara kedua : cara mengunci layer dengan menggunakan toolbar / ikon toolbar yang sudah kita keluarkan sebelumnya,jika masih belum tau cara mengeluarkan ikon toolbar silahkan cek postingan saya tentang cara mengeluarkan toolbar,kemudian klik toolbar layer pada kolom layer kontrol atau pada layer properties manager,setelah itu klik tanda gembok pada layer yang akan di kunci.
  3. Cara ketiga : dengan cara memasukan perintah,perintah untuk mengunci layer adalah LAYLCK kemudian pilih garis atau segmen garis lainya yang mewakili salah satu layer yang akan di kunci ( LOCK ).
  4. Cara ke empat : cara ini tidak berbeda banyak dengan cara pertama hanya saja setelah klik layer pada menu bar kemudian pilih layer tool dan klik layer lock untuk mengunci dan layer on untuk membuka layer yang terkunci.
Demikian 4 metode mengunci layer dalam autoCAD,semoga bermanfaat dan gambar gambar yang sudah kita kerjakan tidak mengalami kerusakan,dan pengeditan dari tangan tangan lain.

Postingan tentang 4 metode mengunci layer ini masih termasuk dalam bahasan kita sebelumnya yakni tentang cara membuat layer baru.

Baca rangkuman tutorial ini dalam bahasa inggrisnya dengan judul lock and unlock layer properties in autoCAD.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:34 PM

5 comments:

  1. muhammad rizal setiawan = siap gan..akan saya update info lowongan pekerjaan terkait dengan autoCAD,silahkan simak kembali

    ReplyDelete
  2. perintah membuka kunci di layot. . . . ? dan skala gimana ya,...... trim gan.

    ReplyDelete
  3. perintah membuka kunci di layot. . . . ? dan skala gimana ya,...... trim gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud agan kunci di layout,dan yang dimaksud dengan skala itu yang mana gan,mudah2an saya bisa bantu

      Delete

RECENT POST