Home » » Insert File PDF kedalam AutoCAD.

Insert File PDF kedalam AutoCAD.

Insert File PDF kedalam AutoCAD.

Insert File PDF kedalam AutoCAD.
Cara insert file PDF kedalam gambar AutoCAD memang jarang sekali kita temukan,mungkin lebih sering kita insert file JPEG atau foto kedalam gambar AutoCAD,tapi mungkin tidak ada salahnya jika saya mencoba berbagi tutorialnya di dalam blog AutoCAD Tangerang ini,siapa tau ada rekan rekan yang sudah lupa atau malah baru tahu sekarang tentang cara memasukan file dari PDF ke AutoCAD.

Pada beberapa perusahaan yang sudah baku system kendali datanya pasti akan mendokumentasikan setiap drawing atau file gambar yang masuk dan keluar,baik itu new design,revisi maupun modifikasi,untuk kemudahan telusur jejak gambar perusahaan akan menggunakan penomoran ( drawing No. ) etiket atau kepala gambar pada setiap drawing tsb.


Kalau drawing yang akan keluar / masuk dsb itu dalam bentuk file AutoCAD ( .dwg ) sich mungkin tidak masalah karena seperti kita ketahui etiket format itu pasti tersimpan dalam format .dwt ,muncul sedikit masalah adalah ketika file yang harus disimpan dengan disertai kepala gambar ( etiket ) tersebut dalam bentuk file yang lain,salah satunya PDF tentu sedikit merepotkan karena kita tidak mungkin mengedit di PDF nya.

Mungkin tutorial cara insert file dari PDF ke AutoCAD berikut ini bisa bermanfaat :

  • Setelah membuka file baru yang disertai etiket.
  • Klik insert pada menubar.
  • Kemudian pilih PDF underlay ( maka akan muncul Box select reference file ).
  • Pilih File jenis PDF yang akan kita masukan ke AutoCAD kemudian klik open.
  • Setelah muncul Box Attach PDF underlay klik OK.
  • Klik sebagai titik pertama penempatan ( first point ).
  • Ketik angka 1 sebagai scale factor 1:1 kemudian enter.
  • Selesai.
 ini urutan gambar tutorial cara insert PDF ke AutoCAD :
Insert File PDF kedalam AutoCAD.
Insert File PDF kedalam AutoCAD.
Insert File PDF kedalam AutoCAD.

Nah demikian tutorial cara memasukan file PDF kedalam autoCAD,selanjutnya rekan-rekan AutoCAD tangerang tinggal mengedit untuk menyesuaikan dengan etiket yang telah disiapkan dengan cara menskala gambar hasil insert tadi, karena hasil gambar dari insert tadi tidak bisa di edit hanya bisa diperbesar maupun diperkecil.


Sekian dan terima kasih,kalau ada rekan-rekan yang berminat untuk belajar AutoCAD bagi yang baru mau belajar ( pemula ) maupun ingin lebih memperdalam ( menengah ) atau bahkan yang sudah mahir ingin bersilaturrahmi kerumah saya,saya sangat berterima kasih dan pintu rumah saya selalu terbuka untuk rekan rekan sesame pengguna autoCAD,silahkan yang mau belajar ( kursus atau private ),sekedar consuling atau bagi-bagi order juga boleh…ok 08561743250.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:08 PM

4 comments:

  1. Wah bermanfaat banget Pak

    Terimakasih banyak Pak ARIFIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kang jum...priwe kabare rika..?

      Delete
  2. oya gmn cara mengedit gambar yang sudah di autocadkan bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud bang adriel,gambar mana yang akan di edit,kalau gambar AutoCADnya ya seperti biasa,tapi kalau gambar PDFnya yang akan di edit itu jelas gak mungkin gan,..karena autoCAD itu bukan software untuk edit PDF..hehe

      Delete

RECENT POST