Home » » Menghitung Volume Benda Menggunakan AutoCAD.

Menghitung Volume Benda Menggunakan AutoCAD.

Menghitung Volume Benda menggunakan AutoCAD.

Menghitung Volume menggunakan Measuregeom pada AutoCAD atau menghitung kapasitas serta daya tampung sebuah benda menggunakan AutoCAD tentu sangat membantu sekali dalam kehidupan sehari-hari,misalnya tukang kolam yang ingin menghitung kapasitas air yang akan didapatkan dengan kolam yang sudah ada,ibu rumah tangga yang ingin menghitung daya tamping bak mandinya,sampai para designer / perancang botol minuman yang ingin mengetahui volume air yang bisa di tamping dengan botol yang akan dibuat dsb.

Menghitung volume tentu setiap kita sudah tahu bisa menggunakan rumus matematika yang dulu pernah kita dapatkan dibangku sekolah,masih ingat kan…? Nah kalo yang masih ingat tentu tidak mengalami kesulitan tetapi bagi yang sudah lupa cara / rumus menghitung volume sebuah benda,bisa pusing tujuh keliling tuch..ya kan…?

Measuregeom command.

Rumus matematika untuk menghitung volume sebuah benda itu akan mudah apabila benda yang akan dihitung volumenya memiliki permukaan yang rata,tetapi akan sedikit merepotkan apabila benda tersebut memiliki permukaan yang tidak rata,memiliki profil yang kadang menonjol keluar atau kedalam,tentu menyulitkan,sehingga yang terjadi kita hanya akan mengira-ngira,menerka volume dari benda tersebut, jadi hasilnya kurang maksimal.

AutoCAD  mengerti dan menyadari kebutuhan tentang itu makanya ada sebuah tool / perintah dalam autoCAD yang dapat menghitung volume dari benda yang teah kita buat,perintahnya adalah mesuregeom. 

Measuregeom command adalah tool / perintah dalam autoCAD yang berfungsi  untuk menghitung volume sebuah benda ,berarti benda yang akan dihitung volumenya harus berbentuk 3D Solid.
Adapun tutorial cara menghitung volume menggunakan perintah measuregeom dalam autoCAD adalah:
  • Buatlah benda / obyek dalam format 3D Solid.
  • Klik tool pada menu bar kemudian pilih inquiry dan pilih volume atau.
  • Ketik measuregeo pada command line.
  • Pilih metode object atau ketik O kemudian enter.
  • Pilih obyek yang akan dicari volumenya.

Notes :

  1. Kalau menggunakan AutoCAD versi 2011 ke sebelumnya maka akan muncul kotak yang berisi keterangan volume.
  2. Kalau menggunakan autoCAD versi 2012 kesekarang maka kita perlu menekan tombol F2 untuk mengetahui volumenya.
Demikian tutorial cara menggunakan perintah measuregeom dalam autoCAD untuk menghitung volume sebuah benda,untuk finishingnya rekan-rekan tinggal menghitung konversinya kedalam rumus menghitung volume air misalnya dari cubic millimeter menjadi liter. ( untuk materi ini kapan-kapan saya akan bahas ).

Setelah mengetahui cara menggunakan perintah measuregeom untuk menghitung volume ada perintah lagi dalam autoCAD yang dapat juga kita pergunakan untuk menghitung volume / kapasitas / daya tampung sebuah benda yakni region/massproperties. Kita bahas tutorial region/massproperties dengan judul perintah menghitung volume dalam autoCAD.
 


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:29 PM

2 comments:

  1. Oh iya inguiry baru inget aku, dulu sering pakai toolbar ini sekarang baru inget karena artikel mas ini, terima kasih banyak ya mas!

    Kalau butuh pekerjaan fasade aluminium panel saya bisa kerjakan mas: www.trijayaaluminium.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjunganya..dan semoga akan terus bermanfaat..

      Delete

RECENT POST