Home » » Perintah Menghitung Volume Dalam AutoCAD.

Perintah Menghitung Volume Dalam AutoCAD.

Perintah Menghitung Volume Dalam AutoCAD.

Perintah menghitung volume menggunakan autoCAD telah kita bahas pada topic bahasan sebelumnya dengan judul Menghitung Volume menggunakan Measuregeom pada AutoCAD tentu sudah sangat jelas sekali maksud dan tujuan menggunakan perintah tersebut yaitu menghitung volume benda menggunakan bantuan autoCAD.

Measuregeo ternyata tidak sendirian dalam autoCAD yang bisa juga berfungsi untuk menghitung volume sebuah benda,temanya yaitu region /mass properties,disini saya tidak akan membahas kesamaan dan juga perbedaan secara keseluruhan tetapi yang akan saya bahas adalah tutorial cara menggunakanya.

 region / mass properties ( Massprop ) command.

Berikut tutorial cara menggunakan perintah region / mass properties dalam autoCAD :


  • Buatlah benda / obyek dalam format 3D Solid.
  • Klik tool pada menu bar kemudian pilih inquiry dan pilih region / mass properties atau
  • Ketik massprop pada command line kemudian enter.
  • Pilih obyek yang akan dicari volumenya kemudian enter.
  • Maka akan muncul autocad text windows yang berisi tentang volume dari benda yang kita pilih tadi.
Nah selesai sudah cara menghitung volume sebuah benda menggunakan autoCAD,sekarang rekan-rekan tinggal menkonversinya sesuai benda apa yang akan menjadi isi dari obyek tersebut,misalnya air berarti satuanya liter,benda solid lainya berarti satuanya gram dsb,untuk hal ini rekan rekan bisa cari di google tentang satuan berat benda.

Demikian tutorial cara menggunakan perintah region / mass properties dalam autoCAD ( massprop ) semoga dapat membantu reken-rekan yang ingin menghitung volume benda yang sedang dikerjakan / didesain rekan rekan semua.

Salam AutoCAD Tangerang.

 

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:45 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST