Home » » Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Cara memberi perintah dalam autoCAD adalah salahsatu hal yang saya kira paling mutlak dimengerti dan dipahami oleh pengguna AutoCAD,karena segala sesuatu aktifitas dalam proses menggambar,editing, dan sebagainya baik dalam format 2D maupun 3D akan selalu menggunakan perintah yang dalam bahasa AutoCADnya adalah command atau tool.

Mengapa kita perlu memberi perintah terhadap AutoCAD,,,,?

Dalam sebuah proses menggunakan AutoCAD kita akan selalu memberi perintah terhadap autoCAD,dan begitu juga sebaliknya AutoCAD akan mengkonfirmasi kebenaran dan metode apa yang akan kita pakai,dialog antara kita dengan AutoCAD inilah yang ideal saya sebut perintah / command.

Banyak sekali jenis perintah dalam AUtoCAD yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu disini,mungkin lebih dari ratusan bentuk perintah dalam AutoCAD,mulai  perintah draw ( line,Polyline,Arc,Circle,Rectangle,Polygon ) sampai kepada extrude,subtract,union,sweep,revolve dll.


Dengan adanya perintah-perintah dalam AutoCAD yang sangat banyak tersebut,tentu tidak mudah untuk menghapal satu persatu nama tool /perintah tersebut apalagi lokasi-lokasi dimana tool . perintah tersebut berada,untuk itu saya akan mencoba merangkum beberapa cara pengguna AutoCAD dalam mengakses perintah kepada AutoCAD,dengan kata lain beberapa cara berikut ini yang sering dipergunakan untuk memberi perintah dalam AutoCAD.

Menu bar.
Menubar adalah kumpulan dari semua tool / perintah yang ada dalam AutoCAD,yang sudah dikelompokan dalam  menu-menu tersendiri seperti file,edit,insert,format,draw,tools,dimensions dsb.

Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Adapun cara memberi perintah dalam AutoCAD menggunakan metode menu bar contoh membuat garis adalah sbb :

  • Klik Draw pada menu bar kemudian pilih Line seterusnya seperti tutorial membuat Line.
Tool bar.
Tool bar adalah icon atau lambang perintah dalam AutoCAD yang terkumpul berdasarkan fungsi dan kegunaan hampir sama misalnya tool bar draw itu terdiri dari line,polyline,rectangle,polygon,circle,arc dsb.

Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Adapun cara memberi perintah dalam AutoCAD menggunakan metode tool bar  contoh membuat garis adalah sbb :

  • Klik lambang / icon Line kemudian seterusnya seperti tutorial membuat Line.
Note : tool bar bisa dipergunakan ketika kita sudah mengeluarkan atau menampilkannya karena tidak semua tool bar langsung muncul di layar ( lihat tool bar dan fly out tool bar ).

Command Line Text.
Command Line text adalah sebuah perintah dalam AutoCAD dengan mempergunakan text untuk memilih dan mengeksekusi perintah tersebut lihat tutorial saya tentang memaksimalkan fungsi command line dan command windows.

Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Adapun cara memberi perintah dalam AutoCAD menggunakan metode command Line text  contoh membuat garis adalah sbb :

  • Ketik LINE pada command Line kemudian enter dan seterusnya seperti tutorial membuat Line.
Command Line Text Alias.
Tidak bedanya dengan command Line text seperti diatas hanya saja pada metode command Line text alias ini kita hanya mengetikan beberapa abjad saja dan autoCAD sudah maksud dari perintah abjad tersebut.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Misalnya Line kita tinggal ketik L, Arc tinggal ketik A, Circle dengan ketik C dsb. Untuk lebih detailnya lihat kumpulan command Line text alias.

Command Line Text Edit Program Parameter ( EPP ).
Tidak bedanya dengan command Line text dan command line text alias seperti diatas,hanya saja pada saat kita menggunakan metode command Line text edit program parameter ini kita musti setting terlebih dahulu perintah perintah yang akan kita ganti command aliasnya sesuai dengan keinginan kita.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.
Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD.

Misalnya copy diganti dengan perintah angka 1,PEDIT diganti dengan perintah angka 32 dsb. Untuk lebih detailnya lihat tutorial saya tentang memberi perintah dalam AutoCAD dengan Perintah buatan sendiri.

Autolisp.
Untuk metode Autolisp ini akan saya bahas lebih tuntas pada episode berikutnya agar lebih jelas dan gambling ok.

Demikian metode-metode cara memberi perintah dalam AutoCAD semoga bermanfaat.

 


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 7:46 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST