Home » » Memberi Perintah Dalam AutoCAD Dengan Perintah Buatan Sendiri.

Memberi Perintah Dalam AutoCAD Dengan Perintah Buatan Sendiri.



Memberi Perintah Dalam AutoCAD Dengan Perintah Buatan Sendiri.

Memberi Perintah Dalam AutoCAD Dengan Perintah Buatan Sendiri.
Edit Program Parameters ( acad.pgp )

Memberi perintah dalam AutoCAD seperti yang pernah saya uraikan pada tutorial “ Cara Memberi Perintah Dalam AutoCAD “ adalah sesuatu yang sangat mutlak dipahami dan dimengerti oleh siapapun pengguna AutoCAD,karena tanpa adanya perintah maka tidak akan terjadi sedikitpun proses dalam AutoCAD itu sendiri.

Banyak sekali jenis toolbar atau  perintah dalam AutoCAD yang kita mungkin tidak semua bisa menghafalnya,kalau kita tidak bisa hafal bentuk tulisan perintah yang akan kita ketikan di command line text maka secara otomatis AutoCAD pun tidak bisa menerima dan melaksanakan perintah sesuai harapan kita maka salah satu cara yang sering dipakai oleh pengguna autoCAD yang sudah kelasnya lumayan mahir adalah dengan mengganti command line text alias dengan rumus kita sendiri.

Dengan menggunakan perintah buatan sendiri tentu kita kan sangat hafal dan dapat mempermudah pemberian perintah pada AutoCAD,hanya saja yang perlu kita perhatikan adalah rumus pengganti tersebut tidak sama atau kembar dengan rumus command text alias buatan AutoCAD,karena kalau sampai terjadi sama maka perintah tersebut tidak akan berjalan sesuai keinginan kita.


Misalnya kita akan mengganti perintah copy yang semula rumus aliasnya CO maka akan kita ganti dengan angka 1,diameter dimension yang aliasnya dimdiameter kita ganti dengan DDD dsb.


Edit Program Parameters ( acad.pgp )


Cara membuat perintah buatan sendiri dalam AutoCAD adalah sbb :

  • Klik tool pada menu bar.
  • Pilih customize kemudian klik edit program parameters.
  • Setelah muncul notepad maka geser keatas dan temukan kumpulan command text alias.
  • Pada baris paling atas ketik 1 spasi ( sampai rata dengan yang aslinya ) *COPY atau begitu juga yang lainya.
  • Kemudian close notepad edit program parameter tersebut jangan lupa klik save.
  • Restart computer anda dan coba praktekan rumus yang tadi baru dibuat kalau bisa berjalan sesuai harapan ucapkan syukur kehadira TUHAN.
Memberi Perintah Dalam AutoCAD Dengan Perintah Buatan Sendiri.
Edit Program Parameters ( acad.pgp )


Catatan edit program paramters :


  1. Pergunakan perintah buatan sendiri ( edit program parameters) ini hanya untuk tool atau perintah-perintah yang sering kita pergunakan.
  2. Pergunakan acad.pgp ini untuk mengganti command text alias yang terlalu panjang untuk diketik misalnya dimangular,dimradius,dsb.
  3. Pergunakan acad.pgp ini apabila kita memang sudah menguasai dan memahami perintah aslinya sehingga apabila kita berpindah computer atau laptop yang belum ada acad.pgp buatan kita sendiri kita tidak mengalami kebingungan karena efek ketergantungan dengan computer yang biasa kita gunakan.
  4. Pembuatan perintah baru buatan sendiri jangan sampai menghapus command text alias buatan autoCAD.

Demikian cara singkat pembuatan perintah dalam AutoCAD dan cara memberi perintah pada AutoCAD dengan perintah buatan sendiri,semoga bermanfaat dan dapat menjadikan kita pengguna AutoCAD yang lebih mahir dari sebelumnya.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 7:58 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST