Home » » Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .

Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .

Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .

Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .
Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .
Pemilihan judul rahasia belajar autoCAD ini mungkin terlalu dibesar-besarkan,terlalu didramatisir atau apalah namanya,tetapi saya merasa perlu untuk menceritakan pengalaman saya ketika dulu awal-awal belajar autoCAD secara otodidak,yang sudah pasti banyak menemui kendala dan hambatan.

Rahasia belajar autoCAD ini mungkin sekarang sudah tidak lagi menjadi rahasia karena sudah banyak sekali rekan-rekan pengguna autoCAD yang mengetahui dan bahkan sudah mempraktekan,tapi tidak ada salahnya kan saya berbagi pengalaman kepada rekan-rekan yang baru memulai belajar autoCAD apalagi secara otodidak.

Banyak sekali tips dan trik rahasia belajar AutoCAD,dan setiap orang berbeda-beda,salah satu rahasia yang mayoritas pengguna AutoCAD pakai adalah memaksimalkan penggunaan command line dan command windows.

Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak  dengan memaksimalkan fungsi command line dan command windows.


Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .
Rahasia Belajar AutoCAD Otodidak .
Apa yang dimaksud dengan command line dan command windows…?
Command Line adalah sebuah tool atau fitur yang berfungsi untuk memfasilitasi pengguna AutoCAD dalam pengetikan perintah dan juga untuk mengetahui step / langkah-langkah berikutnya berdasarkan perintah yang kita inginkan.

Command windows adalah sebuah resume dari segala aktifitas pengguna AutoCAD dengan AutoCAD itu sendiri,dengan kata Lain command windows berisi tentang historical kita ketika sedang menggunakan AutoCAD.

Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui cara menampilkan dan menghilangkan command line juga command windows bisa buka artikel saya tentang cara menampilkan command line dan command windows dalam AutoCAD.

Lalu apa rahasia dibalik kalimat memaksimalkan penggunaan command line dan command windows bagi pengguna AutoCAD…?

1.Dialog.
Dengan adanya command line kita seperti berdialog dengan orang lain,suatu contoh kita mengetikan perintah rec untuk membuat rectangle,maka AutoCAD akan menjawab dimana letak titik pertama pembuatan rectangle,metode apa yang akan dipergunakan ( chamfer.elevation,fillet,thickness ,width )dst. Seperti yang pernah saya ulas tentang metode pembuatan rectangle.

2.Metode.
Sebuah tool / perintah dalam AutoCAD itu pasti banyak sekali memiliki cara untuk penggunaanya,dari beberapa metode ini ada yang memang bisa menghasilkan obyek yang sama walaupun metode berbeda,tetapi ada juga yang akan menghasilkan bentuk yang berbeda sesuai dengan metode yang kita ambil,jadi dengan memaksimalkan penggunaan command line kita bisa mencoba-coba teknik / metode yang lain dari sebuah tool sehingga kita akan bertambah kaya pemahaman tentang tool tersbut dengan metode-metode yang dimilikinya.

3.Tutorial dan Cara Penyelesaian.
Nah kalau yang satu ini mungkin ebih banyak dipergunakan oleh mereka yang sering membuat tutorial atau mengarang sebuah buku,dengan memanfaatkan command windows kita bisa ambil resume / historical dari pembuatan sebuah benda yang telah dihasilkan kemudian memiindahkan ke software yang lain untuk di edit dan di publikasikan sebagai tutorial atau cara penyelesaian sebuah obyek,tetapi tidak menutup kemungkinan bagi para pengguna autoCAD yang sedang belajar,dengan memanfaatkan resume dari command windows ini rekan-rekan pengguna AutoCAD bisa menjadikanya catatan pribadi yang bisa dibuka dilain waktu dan kesempatan.

Kesimpulanya : dengan kita rajin memaksimalkan fungsi command line dan command windows pada saat menggunakan AutoCAD kita jadi lebih tahu dan memahami lebih dalam tentang sebuah tool/perintah dengan segala bentuk metode didalamnya yang bisa kita pergunakan selain metode umum yang didapat dari buku,tutorial di internet bahkan tempat-tempat kursus sekalipun.

penggunaan command line dan command windows akan sangat luar biasa manfaatnya dengan kita mengkombinasikan penggunaanya dengan fasilitas help ( F1 ) saya jamin kita jauh ebih cepat mahir dan berkembang,untuk itu jangan lupa rahasia belajar autoCAD otodidak berikutnya tentang memanfaatkan fasilitas help ( F1 ) dalam menggunakan AutoCAD.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:38 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST