Home » » Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.

Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.



Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.

Mengapa arsiran yang saya buat tidak muncul padahal cara – caranya sudah benar…?

Itu salah satu pertanyaan yang sering sekali saya temui ketika sedang mengajar kursus AutoCAD,dan pertanyaan pertanyaan seperti itu saya yakin dan saya percaya pernah juga muncul pada setiap rekan rekan yang baru belajar autoCAD termasuk saya pribadi hehehe.

Arsiran atau Hatch tidak muncul pada layar autoCAD sering terjadi bukan lantaran disembunyikan makhluk sacral atawa dedemit,tetapi karena kita sendiri yang tidak sadar bahwa parameter setting dari arsira yang kita buat belum pas dengan gambar yang akan kita arsir sehingga arsiran kita atau yang sering disebut pattern itu tidak Nampak.


Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemberian arsir dalam autoCAD adalah melakukan settingan scale patternya dengan acuan obyek yang akan diberi arsiran,logikanya semakin besar area yang akan kita beri arsir maka semakin besar juga scale pattern yang bisa kita pergunakan begitu juga ketika obyek yang akan kita beri arsiran kecil maka semakin kecil pula scale pattern yang kita perlukan.
Perhatikan gambar berikut ini :
http://www.autocadtangerang.com/
Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.


Uraian :
Dengan rectangle ukuran yang sama yakni 5x2mm,Jenis pattern ANSI131 yang sama pula tetapi scale pattern yang berbeda maka menghasilkan gambar pertama arsiran yang dihasilkan hamper tidak Nampak,sementara gambar sebelahnya jelas Nampak terlihat.

Adapun cara merubah scale pattern pada arsiran adalah sebagai berikut :

Pada saat pemberian arsiran pertama seperti gambar berikut:
http://www.autocadtangerang.com/
Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.

Pada saat melakukan pengeditan menggunakan perintah properties perhatikan gambar :
http://www.autocadtangerang.com/
Arsiran Tidak Muncul di AutoCAD.


Demikian salah satu penyebab dan cara penyelesaian ketika kita melakukan arsir tetapi tidak muncul atau tidak terlihat hasi arsiranya,tetapi cara ini hanya bisa dipergunakan jika memang cara melakukan pemberian arsir kita sudah benar jika masih salah maka arsir memang tidak Nampak selamanya,untuk  mengetahui cara member arsiran yang benar lihat postingan saya tentang cara menggambar arsiran dalam autoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:26 PM

2 comments:

  1. benar sekali tuh, pernah juga di alami oleh teman saya yang sekolahnya pada jurusan itu sedang mengerjakan tuh eh pas finishinng kok ga kebaca gambar arsirannya.. gimana nih gan solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya jelaskan diatas,mungkin salah satu faktornya adalah scale factor arsiranya masih terlalu besar,coba untuk di ganti menjadi skala yang lebih kecil

      Delete

RECENT POST