Home » » Setting Panah Dimensi AutoCAD.

Setting Panah Dimensi AutoCAD.

Setting Panah Dimensi AutoCAD.

Setiap dimensi atau garis ukur dalam autoCAD selalu memiliki tanda panah di setiap ujung garis dimensionalnya ini bertujuan untuk memberi petunjuk bahwa garis tersebutlah yang diberi ukuran atau memberkan informasi titik awal dan juga titik akhir pada saat pembuatan linear dimension dsb.

Tanda panah atau sering disebut arrow didalam dunia autoCAD ini setiap file drawing yang kita buat mesti dilakukan penyetingan terlebih dahulu agar tidak terjadi ketimpangan antara bentuk obyek benda dengan ukuran panah itu sendiri.


Mengapa perlu merubah ukuran panah dimensi di autoCAD...?


Sering kali saya mendapat pertanyaan dari rekan rekan yang kebetulan sedang kursus ditempat saya atau dari rekan rekan yang aktif membuka blog autoCAD Tangerang ini yang kaitanya dengan tanda panah dimensi,pertanyaan pertanyaan mereka hampir serempak menanyakan mengapa tanda panah dan teks yang saya buat terlihat kecil atau terlihat besar sekali melebihi obyek gambarnya.

Ketika mendapat pertanyaan pertanyaan seperti itu mengapa ukuran panah dimensi pada autoCAD tidak sesuai dengan obyek gambar maka serta merta saya menjawab settingan panahnya yang belum pas.

Bagaimana cara melakukan settingan tanda panah dimensi dalam autoCAD..?

http://www.autocadtangerang.com/
Setting Panah Dimensi AutoCAD.

  • Bukalah program autoCAD terlebih dahulu kemudian.
  • Buatlah obyek gambar yang akan diberi dimensional.
  • Klik tool dimension pada menubar kemudian pilih dimension style manager atau.
  • Ketik DIMSTYLE atau bisa juga dengan hanya mengetikan D kemudian enter.
  • Setelah muncul dimension style manager dialog box
  • Klik modify
  • Klik tab symbol and arrow.
  • Kemudian isilah angka pada kolom arrow size dengan menyesuaikan obyek darawing yang ada.
  • Ok / close.

Demikian cara singkat melakukan penyesuaian atau settingan tanda panah / arrow pada dimensi autoCAD,selain cara ini masih ada cara lagi yakni dengan cara melakukan pengeditan pada properties dimensi yang akan kita rubah besar kecil tanda panahnya,ini akan saya bahas dengan judul merubah tanda panah dimensi autoCAD dengan Properties.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:35 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST